Selasa, 06 Agustus 2013

Cara aman Mudik dengan sepeda motor

Cara aman Mudik dengan sepeda motor
Mudik dengan sepeda motor banyak dipilih oleh pemudik dengan alasan karena lebih murah, bebas macet dan bisa sampai di tempat tujuan dengan cepat. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa mudik dengan sepeda motor haruslah berhati-hati.

Perhatikan dan simak enam tips mudik lebaran dengan menggunakan sepeda motor berikut ini agar Anda merasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan:

1. Lakukan perawatan di bengkel
Sebaiknya lakukan perawatan kendaraan yang akan Anda gunakan tujuh hari sebelum mudik. Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi apabila ternyata sepeda motor Anda harus mengalami perbaikan lama sehingga perlu ditinggal di bengkel.

2. Ganti oli motor Anda
Agar kinerja motor Anda bisa optimal saat digunakan untuk mudik, khususnya jika perjalanan Anda cukup jauh, maka mengganti oli motor adalah hal yang harus dilakukan.

3. Perhatikan Rantai
Rantai motor harus disesuaikan pada posisi yang pas, idealnya tingkat ketegangan pada posisi 5-25 milimeter. Gear dan rantai sepeda motor harus diganti jika ternyata gigi gear sudah tajam dan rantai terlalu renggang.

4. Roda
Pastikan bawah roda dan juga pelek pada kondisi prima. Apabila tujuan mudik Anda cukup jauh, maka sebaiknya ban dalam dan luar motor diganti. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat jalan yang licin. Tekanan ban juga harus diperhatikan. Idealnya, tekanan udara ban depan adalah 28 psi dan belakang 30 psi.

5. Rem
Agar fungsi pengereman lebih maksimal, maka gantilah kanvas rem. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

6. Lampu
Cek kembali semua kondisi lampu kendaraan sepeda motor Anda, baik itu lampu depan, rem, dan sign. Pastika semuanya berfungsi normal.

7. Kondisi fisik pengendara
Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat, bugar dan prima saat malakukan perjalanan. Istirahatlah setiap empat jam sekali, dengan waktu istirahat selama 30 menit agar tubuh Anda kembali bugar. Ya itulah cara aman mudik lebaran pakai sepeda motor, semoga bermanfaat.


Artikel yang lainnya



1 komentar:

  1. haii selamat pagi numpang promo yahhh
    E D E N POKER lagi bagi-bagi bonus newmember
    10.000 Rp Nihh yukk buruaan jangan sampaii
    ketinggalannn !! EDENPOKER . BET

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya di blog UMKM CIPATAT. Sudah baca artikelnya?, silahkan beri komentar dibawah. Dan berkomentarlah yang santun, No SARA atau Ejekan. Mohon untuk tidak melakukan spam yang tidak ada hubungannya dengan isi blog UMKM Cipatat. Jangan ragu untuk copy paste....kalau artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan berbagi dengan yang lain dan selalu ingat dengan UMKM Cipatat.......OK !