Rabu, 13 Februari 2013

Kerajinan Kreatif dari LIMBAH kain


Kerajinan Kreatif dari LIMBAH kain
Peluang Usaha Industri Rumahan
Kerajinan Kreatif dari limbah kain - Kain sisa produksi konveksi dan garmen (kain perca) umumnya hanya dianggap sebagai bahan sisa yang tidak ada manfaatnya, biasanya dibuang oleh mereka, pada akhirnya menjadi limbah atau sampah. Berbeda dengan pelaku industri kerajinan rumahan yang mengolah barang bekas menjadi berbagai kerajinan tangan.

Dalam industri kerajinan kreatif ternyata kain perca sangat cocok untuk di reproduksi jadi berbagai produk kreatif yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dari limbahkain sisa jahitan yang tampaknya tidak memiliki nilai, bisa diolah dengan keterampilan kreatif menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki fungsi dan harga jual cukup tinggi, seperti bed cover, sarung bantal, keset, serbet, taplak meja, boneka, kotak pensil, cover handpone, tas, dan lain lain.

Konsumen
Produk kerajinan kain perca, dipasarkan keberbagai tempat, baik lokal maupun internasional. Untuk produk bed cover, keset, taplak meja biasanya di pasarkan untuk segmen kalangan ibu-ibu. Sedangkan untuk produk boneka, kotak pensil, tas, dan cover handpone, bisa dijual kepada konsumen anak-anak maupun kaum remaja.
Kerajinan Kreatif dari LIMBAH kain
Untuk memulai bisnis kerajinan kain perca, sebagai industri kreatif rumahan tentu saja ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan seperti dibawah ini :
  • Pertama tentukan ide dan desain produk yang akan dijadikan brand produk. Sesuaikan desain yang dibuat dengan target pasar yang diinginkan. Contohnya saja desain warna-warni yang cerah untuk konsumen anak-anak dan remaja, sedangkan untuk desain yang lebih simpel dengan warna yang lebih kalem khusus ibu ibu.
  • Eksplore pengetahuan dan kemampuan anda tentang kerajinan kain perca ini dari proses produksi hingga barang jadi dengan cara membaca buku-buku kreasi kain perca maupun searching model-model baru dari internet. Langkah ini cukup penting agar produk yang dihasilkan tidak ketinggalan zaman dan stylist.
  • Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama proses produksi berlangsung. Mulai dari mesin jahit, benang, jarum, gunting, dan lain sebagainya, sebagai penunjang agar proses produksi berjalan dengan baik dan lancar.
  • Bangun Jalinan kerjasama dengan pemasok kain perca. Anda bisa mendapatkan kain perca dari tukang jahit di sekitar anda, atau dari toko-toko kain yang memiliki banyak sisa potongan kain, bisa juga dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan konpeksi
Kerajinan Kreatif dari LIMBAH kain
Kelebihan dan kekurangan bisnis industri kain perca
Bisnis kerajinan industri rumahan kain perca termasuk salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil tapi untungnya cukup besar buat anda. Bahan baku kain perca bisa didapatkan dengan harga murah dari para penjahit yang ada disekitar lokasi anda. Bahkan bila mungkin anda bisa menjalin hubungan baik dengan pelaku bisnis konveksi, pasokan potongan kain perca bisa didapatkan secara cuma-cuma dari mereka, daripada  mereka buang lebih baik dimanfaatkan oleh para pengrajin, bukan. 

Kendala yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha ini adalah tingkat persaingan yang semakin ketat. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang memproduksi aneka macam barang kain perca, mereka bersaing untuk merebut perhatian konsumen. Selain itu, kadang bahan kain perca yang didapatkan tidak semuanya berkualitas bagus. Hal ini membuat kualitas yang dihasilkan juga akan ikut menurun. Karenanya untuk menghindari resiko tersebut, terlebih dahulu pisahkan kain perca yang kualitas bagus dengan kain perca kualitas buruk.

Kerajinan Kreatif dari LIMBAH kain
Strategi Pemasaran
Dalam strategi memasarkan produk kerajinan kain perca, anda bisa menjual hasil kreasi yang sudah jadi ke beberapa toko souvenir atau toko perabot rumah tangga yang terpercaya yang lokasinya dekat dengan anda supaya hemat ongkos transportasi. Anda juga bisa menitipkan ke toko mainan anak dengan system konsinyasi atau menjual langsung kepada partner bisnis anda. Selanjutnya anda bisa memperluas pasar dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran maupun bazar produk UMKM dan koperasi yang diadakan pihak pemerintah maupun swasta. Melalui event seperti itu, anda bisa mengenalkan produk kerajinan kreatif kain perca kepada masyarakat luas, sehingga peluang anda untuk mendapatkan pelanggan maupun partner kerja yang potensial semakin terbuka lebar.

Terlepas dari keuntungan dan kerugian diatas, sebagai pengrajin yang penuh dengan kreativitas dan ketekunan anda juga harus mempunyai keterampilan dalam mendesain, merangkai potongan-potongan kain sisa menjadi produk unik yang memiliki nilai ekonomi tinggi, menjadi kunci sukses bagi anda ketika menjalankan bisnis kain perca dengan baik dan benar sesuai petunju yang direkomendasikan. Silahkan berinovasi, kembangkan kreatifitas anda untuk melakukan perubahan yang bisa dijadikan contoh oleh orang lain. Silahkan dicoba, semoga berhasil
Semoga artikel ini bermanfaat

Artikel yang lainnya