Selasa, 12 Februari 2013

Jerman Bidik Investasi Sektor Otomotif dan UKM di Indonesia

Selain Jepang, pengusaha Jerman juga berencana menanamkan investasi di sektor otomotif dan usaha kecil dan menengah (UKM).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, menyatakan rencana investasi tersebut seiring kedatangan sejumlah pengusaha Jerman ke Indonesia saat ini.

"Kunjungan beberapa petinggi dan pengusaha Jerman ke Indonesia, salah satunya akan investasi mobil volkswagen dan UKM," ujar dia, Senin (11/2/2013).


Dia menilai, minat investor yang masuk ke Indonesia harus dimanfaatkan secara lebih baik. Terlebih jika investasi negara tersebut cukup banyak di Indonesia.

Apalagi proyek-proyek negara tersebut berbasis teknologi dan padat karya.

Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membicarakan peningkatan kerjasama kedua negara. Salah satunya terkait investasi.

Sebagai imbal baliknya, Presiden SBY berencana melakukan kunjungan balasan pada 4 Maret 2013. Kepergian Presiden juga untuk memastikan rencana penanaman investasi Jerman ke Indonesia.

Selain kunjungan, Indonesia berencana membangun paviliun di Berlin, Jerman. Hal itu bertujuan memperkenalkan keberadaan UKM di Indonesia agar bisa masuk ke pasar Jerman.

"Sampai saat ini sudah ada perusahaan Indonesia yang mengakuisisi perusahaan asal Jerman cenderung berbisnisnya sama. Intinya yang ada hubungan bisnisnya dengan di Indonesia," paparnya.


Artikel yang lainnya