Rabu, 06 Februari 2013

Bagaimana cara menulis surat Penjualan yang powerful



Problem yang sering menjadi ganjalan bagi orang yang ingin memulai bisnis online adalah bagaimana cara menulis surat Penjualan agar produk cepat laku terjual? masalah tersebut sangat mendorong orang yang akan memulai bisnis online untuk berfikir ekstra untuk mencari solusi agar permasalahannya cepat teratasi. 

Mengapa surat penjualan itu begitu penting
Why ? karena tulisan anda yang menyebabkan calon pembeli merasa yakin dengan produk yang anda tawarkan sehingga langsung membeli produk yang anda tawarkan melalui situs anda. Oleh karena itu bagaimana cara menulis surat penjualan (perihal produk yang anda tawarkan sangatlah perlu mendapatkan perhatian). Berikut ini beberapa cara menulis surat Penjualan yang powerful agar produk anda cepat laku terjual.

1. Harus jelas dan singkat
Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam menulis review mengenai sebuah produk adalah tulisan anda harus JELAS dan SINGKAT. Maksud dari itu tulisan anda harus bisa membuat orang yang membacanya langsung paham dan mengerti mengenai produk tersebut. Jelaskan secara rinci hal-hal yang memang perlu anda sampaikan kepada calon pembeli, apalagi jika hal tersebut merupakan keunggulan dari produk yang anda jual.

Oleh karena itu sebaiknya anda harus menggunakan sendiri produk yang anda jual agar anda merasakannya dan bisa berbagi pengalaman kepada calon pembeli. Saya pribadi tidak pernah menulis dan menjual produk yang saya sendiri belum pernah mencobanya agar saya tidak menipu calon pembeli, baik poduk digitalr maupun produk non digital.

Meskipun harus jelas akan tetapi juga harus singkat, jangan bertele-tele, berputar-putar atau memberikan narasi yang panjang yang mungkin saja tidak ada hubungannya dengan produk yang anda jual. Buatlah tulisan yang jelas namun singkat langsung ke titik permasalahan yang ingin anda sampaikan karena jarang sekali orang yang mau berlama-lama membaca sebuah tulisan tentang sebuah produk yang baru dia kenal.

2. Harus membantu memecahkan masalah pembeli
Pembeli mencari produk untuk membantu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Oleh karena itu tulisan anda harus bisa memberikan informasi bahwa dengan menggunakan produk anda masalah mereka akan terpecahkan dengan mudah.
Tempatkan pada paragraf pertama mengenai hal ini agar calon pembeli langsung tertarik untuk mencari tahu mengenai produk yang anda tawarkan. Sebagai contoh misalkan anda menjual produk penyedot debu merk XERO L200 (nama produk ini hanya contoh saja), maka dalam paragraf pertama anda dapat menuliskan :

“Apakah anda sangat kesal menghabiskan waktu anda berjam-jam untuk membersihkan debu dan noda di karpet kesayangan anda namun tidak juga bisa bersih? Anda tidak perlu khawatir karena kami bisa membantu anda. XERO L200 akan membantu anda membersihkan debu dan noda di karpet kesayangan anda dalam waktu kurang dari 10 menit !”

Saat membaca paragraf tersebut calon pembeli akan tertarik untuk membaca dan mencari tahu mengenai produk anda melalui tulisan anda akan tetapi juga tidak mempunyai banyak waktu dalam membaca, oleh karena itulah buat tulisan yang jelas dan singkat agar pembeli juga langsung mengerti dan juga tidak memakan banyak waktu pembeli dalam membaca.

3. Harus jujur
Meskipun anda ingin agar produk anda cepat laku akan tetapi anda harus tetap jujur untuk menuliskan jika ternyata ada kelemahan mengenai produk yang anda jual. Hal ini sangat penting karena dengan kejujuran dalam menulis review produk, pembeli akan lebih mempercayai anda secara pribadi dan juga yakin untuk membeli produk anda karena sudah mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan produk tersebut sebelum membelinya. Tuliskan secara jelas mengenai kekurangan, resiko penggunaan dan hal-hal lain yang perlu dketahui oleh pembeli secara lengkap dan jujur.
4. Menulis komentar / testimony kepuasan pembeli
Agar produk anda lebih meyakinkan pembeli maka anda juga bisa menuliskan komentar-komentar kepuasan dari pembeli yang sudah membeli produk anda. Adanya komentar kepuasan pembeli yang sudah menggunakan produk anda akan lebih meyakinkan pembeli lain yang baru akan membeli produk anda. Akan tetapi jangan sekali-kali membuat komentar kepuasan pembeli palsu!/ scam Komentar tersebut harus benar-benar dari pembeli yang memang membeli produk anda.

5. Auto responder
Ketika calon pembeli merasa tertarik dengan artikel penjualan yang anda tulis dan ingin mengetahui lebih dalam tetang produk yang andan tawarkan, maka langkah yang pertama kali dilakukan adalah memberikan jawaban yang pasti dan meyakinkan kepada colon konsumen anda. Maka software inilah yang akan menyampaikan jawaban anda dengan cepat dan akurat.

6. Memberikan bonus gratis
Sebagai perangsang atau pemberi daya tarik bagi calon konsumen, maka anda sebaiknya memberikan bonus yang berupa ebook dan sejenisnya yang bisa di download dengan gratis
Demikian cara menulis artikel penjualan agar produk anda cepat laku terjual, semoga bisa membantu anda dalam bisnis online
semoga bermanfaat

Artikel yang lainnya