Bernostalgia
bersama "SI ARGO PEUYEUM" - Saat ini ia
rutin menelusuri jalur kereta api sepanjang 83 kilometer dengan empat kali
perjalanan per hari. Dari Bandung kereta berangkat pukul 07.50 dan 17.00,
sedangkan dari Cianjur pukul 05.00 dan 13.00. Argo Peuyeum singgah di stasiun
kecil, seperti Tagog Apu, Cipatat, Rajamandala, Ciranjang,
Cipeuyeum, dan Selajambe.
Mendengar
kereta api argo, bayangan yang muncul biasanya adalah kenyamanan, ketepatan
waktu, dan lokomotif relatif baru. Namun, bayangan itu tidak ada pada
"Argo Peuyeum", kereta api jurusan Ciroyom-Cianjur.
Nama Argo Peuyeum bukanlah nama pemberian resmi dari PT KIA,
namun nama tenar dari pengguna setia yang dulunya memang secara umum digunakan
para pedagang peuyeum (tape) dari daerah Cipeuyeum, Ciranjang menuju Bandung.
Nama itu melekat hingga kini.
Berbeda
dengan kereta argo "resmi" yang mampu mengangkut banyak gerbong,
lokomotif berkode BB 30425 ini hanya mampu mengangkut dua gerbong untuk sekitar
600 orang. Alasannya adalah besarnya biaya perawatan lokomotif, minimnya
kemampuan lokomotif menarik penumpang lebih dari 600 orang, serta kontur berat
menanjak, seperti di Rajamandala-Tagog Apu-Cipatat.
keunikan kereta ini yang cukup masyhur adalah karena sifatnya
yang terkadang seperti angkot yang bisa berhenti di mana. Tak perlu turun
di stasiun. Cara itu umum dilakukan masyarakat yang mau turun dekat dengan
rumahnya. Cukup kontak dengan masinisnya, maka anda bisa turun di tempat
kesukaan dengan manis.
Kereta api ini banyak digunakan penumpangnya untuk mengangkut peuyeum (tapai) ke Bandung. Biasanya daerah yang banyak menghasilkan peuyeum adalah Cipeuyeum, Ciranjang, dan Cipatat," kata Rahmat, salah seorang pengguna jasa kereta ini.
Untuk
satu kali perjalanan seorang penumpang hanya membayar Rp 1.000-Rp 1.500.
Meskipun perjalanan Cianjur-Bandung memakan waktu 2-3 jam, tarif itu lebih
murah daripada bus antarkota yang bertarif Rp 20.000-Rp 30.000. Argo Peuyeum
bisa berhenti di mana saja untuk mengangkut atau menurunkan penumpang. Dibangun
tahun 1884
Lokomotif
jenis BB 304 merupakan salah satu jenis kereta api yang sudah jarang digunakan.
Lokomotif buatan Krupp, Jerman, ini biasanya dibuat tahun 1960-an. Lebar badan
2.800 milimeter dan tinggi maksimum 3.660 mm. Saat ini mayoritas kereta api di
Bandung menggunakan tipe CC.
Selain
itu, jalur rel kereta api Ciroyom-Cianjur adalah yang tertua di Jawa Barat. Rel
kereta berukuran R33 dengan bantalan kayu ini dibangun tahun 1884. Keberadaannya
merupakan bagian dari alur transportasi utama Belanda. Berdasarkan buku
Spoorwegstations op Java, rel Cianjur-Ciroyom merupakan bagian dari jalur
strategis Batavia-Bekasi-Tjikampek-Padalarang-Bandoeng.
Papierfabriek
Padalarang
Stasiun
kecil sepanjang jalur ini juga menyimpan sejarah, di antaranya Padalarang
(1902) dan Cimahi (1904). Stasiun Padalarang merupakan akses penting bagi
Pabrik Kertas Padalarang atau Papierfabriek Padalarang, pabrik kertas pertama
di Indonesia, yang didirikan tahun 1922.
Adapun
Stasiun Cimahi berperan besar menghubungkan Cimahi dengan kota lain pada masa
kolonial Belanda. Saat itu Cimahi merupakan pusat militer Belanda di Indonesia.
Wisata alam dalam perjalanan Ciroyom-Cianjur tidak kalah memesona. Setidaknya
ada tiga karakteristik pemandangan yang bisa dinikmati.
Perjalanan
Stasiun Ciroyom-Padalarang didominasi wilayah perkotaan, lengkap dengan
pemandangan kepadatan perumahan. Setelah itu, giliran wisata geologi di
Padalarang-Cipatat. Penumpang bisa merasakan sensasi letusan Gunung Sunda,
karst Rajamandala yang membentang dari Padalarang hingga Sukabumi, atau akses
menuju penemuan manusia prasejarah pertama di Jabar, Goa Pawon.
Pemandangan
ketiga adalah jalur Cipatat-Cianjur. Di sini hamparan sawah serta pemandangan
Sungai Citarum dan Cisokan menjadi primadona. Menurut Kepala Stasiun Cianjur
Iwan GN, wisatawan direkomendasikan datang pada Mei-Agustus. Saat itu padi
mulai menguning sehingga membuat pemandangan semakin indah.
"Sayang,
jalur Cianjur-Lampegan ditutup karena berpotensi longsor. Padahal, perjalanan
kereta api melewati terowongan kuno Lampegan (1882) dan akses menuju kawasan
megalitik Gunung Padang," kata Iwan. Menurut Kepala Pusat Perencanaan
dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) Institut Teknologi Bandung Budi
Brahmantyo, dengan segala potensi wisata tersebut, sebaiknya jalur
Ciroyom-Cianjur diberdayakan.
Rencana
ini mulai dibicarakan P-P2Par bersama PT Kereta Api Daerah Operasi II Bandung.
Namun, ia mengakui, masih banyak yang harus dibenahi, di antaranya persoalan
penyediaan kereta api dan 12 titik rawan longsor di sepanjang jalur itu. Tapi
katanya sekarang eeeh malah Siargo peuyeum
itu dimatikan pengelolanya. Paraah tidak bisa memanfaatkan kesem
JADWAL
KEBERANGKATAN SI ARGO PEUYEUM
Jadwal KA
326 Cianjur – Padalarang
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Cianjur
|
-
|
05.00
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Ciranjang
|
05.24
|
-
|
Cipeuyeum
|
05.36
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipatat
|
05.58
|
-
|
Tagogapu
|
06.20
|
-
|
Padalarang
|
06.33
|
-
|
Jadwal KA
327 Padalarang - Cianjur
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Padalarang
|
-
|
08.30
|
Tagogapu
|
08.41
|
-
|
Cipatat
|
09.30
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipeuyeum
|
09.25
|
-
|
Ciranjang
|
09.38
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cianjur
|
10.04
|
-
|
Jadwal KA
328 Cianjur - Padalarang
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Cianjur
|
-
|
11.30
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Ciranjang
|
11.54
|
-
|
Cipeuyeum
|
12.06
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipatat
|
12.28
|
-
|
Tagogapu
|
12.50
|
-
|
Padalarang
|
13.03
|
-
|
Jadwal KA
329 Padalarang - Cianjur
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Padalarang
|
-
|
16.30
|
Tagogapu
|
16.41
|
-
|
Cipatat
|
17.03
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipeuyeum
|
17.25
|
-
|
Ciranjang
|
17.38
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cianjur
|
18.04
|
-
|
Jadwal KA
326 Cianjur – Padalarang
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Cianjur
|
-
|
05.00
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Ciranjang
|
05.24
|
-
|
Cipeuyeum
|
05.36
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipatat
|
05.58
|
-
|
Tagogapu
|
06.20
|
-
|
Padalarang
|
06.33
|
-
|
Jadwal KA
327 Padalarang - Cianjur
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Padalarang
|
-
|
08.30
|
Tagogapu
|
08.41
|
-
|
Cipatat
|
09.30
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipeuyeum
|
09.25
|
-
|
Ciranjang
|
09.38
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cianjur
|
10.04
|
-
|
Jadwal KA
328 Cianjur - Padalarang
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Cianjur
|
-
|
11.30
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Ciranjang
|
11.54
|
-
|
Cipeuyeum
|
12.06
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipatat
|
12.28
|
-
|
Tagogapu
|
12.50
|
-
|
Padalarang
|
13.03
|
-
|
Jadwal KA
329 Padalarang - Cianjur
Stasiun
|
Waktu Kedatangan
|
Waktu Keberangkatan
|
Padalarang
|
-
|
16.30
|
Tagogapu
|
16.41
|
-
|
Cipatat
|
17.03
|
-
|
Rajamandala
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cipeuyeum
|
17.25
|
-
|
Ciranjang
|
17.38
|
-
|
Selajambe
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Tipar
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Maleber
|
Berhenti Sebentar
|
-
|
Cianjur
|
18.04
|
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih atas kunjungannya di blog UMKM CIPATAT. Sudah baca artikelnya?, silahkan beri komentar dibawah. Dan berkomentarlah yang santun, No SARA atau Ejekan. Mohon untuk tidak melakukan spam yang tidak ada hubungannya dengan isi blog UMKM Cipatat. Jangan ragu untuk copy paste....kalau artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan berbagi dengan yang lain dan selalu ingat dengan UMKM Cipatat.......OK !