Senin, 04 Maret 2013

Kegunaan dan manfaat pohon sirsak untuk kesehatan


Kegunaan dan manfaat pohon sirsak untuk kesehatanKegunaan dan manfaat pohon sirsak untuk kesehatan - Banyak orang hanya memanfaatkan buah sirsak untuk konsumsi makanan saja, padahal tak hanya buah yang dapat dimanfaatkan dan dinikmati, bagian lain dari tumbuhan sirsak ini juga dapat dimanfaatkan dan dapat diolah menjadi obat untuk mengatasi dan mengobati penyakit kronis atau penyakit berbahaya seperti kanker.

Setelah dilakukan sebuah penelitian terhadap buah dan daun dari tanaman sirsak ini yang dilakukan oleh para peneliti dari Health Sciences Institute, mereka pun menemukan hasil yang sangat mengesankan, mereka mengatakan bahwa tanaman sirsak ini ampuh untuk mengobati berbagai penyakit seperti mengatasi dan membunuh jenis parasit/cacing yang bersarang dalam usus, menurunkan kadar tekanan darah tinggi, sebagai anti bakteri yang baik, anti jamur, mengoptimalkan kembali syaraf yang kurang baik, dan tentunya tanaman sirsak ini mampu membunuh tumor penyebab kanker beserta sel-sel kanker yang sangat mematikan dengan kemampuan kerja serta kandungan kimia alamiah yang terdapat dalam tumbuhan sirsak mampu menghambat dan menghentikan perkembangan dari sel kanker.

Buah sirsak yang terbentuk dalam buah agregat dengan biji tunggal berwarna hitam yang terhimpit diantara daging buah. Buah sirsak dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk seperti jus sirsak yang dapat menghempaskan dahaga, dibuat menjadi ice cream, selai roti, panganan kue dsb. Tak buah yang dapat dimanfaatkan daun sirsak pun dapat diolah menjadi sebuah obat dalam bentuk kapsul yang memiliki kemampuan sebagai obat anti kanker. Pemanfaatan daun sirsak tak hanya untuk kanker namun dapat mengobati kanker payudara, gangguan usus besar, gangguan prostat, dan pankreas.

Manfaat yang didapat dari Tiap bagian tumbuhan sirsak, diantaranya :
1. Manfaat Buah Sirsak :
- Buah sirsak dapat diolah menjadi paganan istimewa dengan banyak pemanfaatnya, misalnya       dapat dibuat jus sirsak yang dapat melegakan dahaga dan tenggorokan.
- Buah sirsak juga dapat mengatasi panas dalam, menurunkan demam, sariawan serta dapat   meningkatkan sistem imunitas tubuh atau daya tahan tubuh lebih optimal.
- Buah sirsak yang diolah menjadi jus dapat membantu mencegah osteoporosis dan membantu memperkuat tulang dengan dosis minum 2 kali sehari pagi dan sore hari.
- Buah sirsak juga dapat menjaga sistem imunitas tubuh untuk melawan berbagai gangguan penyakit atau kesehatan tubuh dari bahaya bakteri dan jamur.
- Buah sirsak juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan di dalam tubuh karena buah sirsak mengandung serat yang cukup tinggi sehingga aman bagi perut dan lambung.
- Buah sirsak juga dapat memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari masalah sembelit.
- Tak hanya sampai disitu, manfaat buah sirsak juga sangat baik sebagai penamabah energi dalam tubuh, sehingga membuat tubuh terlihat lebih segar dan bugar.

Para pakar riset obat dari Amerika Serikat meneliti bahwa daun Graviola atau yang sebut juga dengan daun sirsak ini memang mengandung zat anti kanker (Annonaceous Acetogenin) yang memiliki manfaat sebagai zat yang ampuh untuk membasmi dan membunuh tumor dan sel-sel kanker yang mematikan tanpa mengganggu sel-sel penting lainnya di dalam tubuh.

2. Khasiat dan Manfaat dari daun sirsak :
1. Daun sirsak yang pemanfaatannya dengan cara direbus dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker tidak normal dan membangkitkan kembali sel-sel tubuh yang normal
2. Daun sirsak juga menghangatkan perut tanpa mengganggu fungsi organ tubuh lainnya seperti lambung dan hati.
3. Daun sirsak juga dapat dimanfaatkan sebagai herbal untuk menurunkan berat badan.
4. Mengatasi masalah kerontokan rambut.
5. Melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang mematikan.
6. Mengobati kanker payudara, usus besar, paru-paru, prostat dan pankreas.
7. Mengobati sakit pinggang.
8. Mengatasi bayi yang terkena diare atau mencret.
9. Mengatasi ambeien atau wasir, bisul.
10. Mengatasi anyang-anyangan atau pembuangan air kemih yang tidak lancar.
11. Mengatasi sakit saat berkemih.
12. Mengatasi penyakit liver atau hati.
13. Mengatasi eksim (salah satu penyakit kulit).
14. Mengobati sakit reumatik atau persendian.
15. Sebagai anti-bakteri.
16. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Manfaat bunga sirsak :
- Bunga dari tumbuhan sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat penyembuhan untuk mata katarak. Tanaman sirsak juga mengandung Nilai kandungan gizi dari senyawa alamiah yang membuktikan tamanan sirsak ini memiliki khasiat yang luar biasa, karena dilandasi dan dipengaruhi oleh senyawa aktif dari tiap bagian tumbuhan sirsak, seperti :


Jadi itulah yang dapat dipetik manfaatnya dari tanaman sirsak. selamat mencoba

Artikel yang lainnya