Minggu, 03 Maret 2013

Cara memasarkan Produk dengan cepat di INTERNET

Cara memasarkan Produk dengan cepat di INTERNET
Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk Anda dapat menjangkau konsumen yang ada di pelosok negeri tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk.
Fenomena ini tentu sangat MENGUNTUNGKAN bagi para pelaku bisnis online dan menganggap bahwa strategi pemasaran secara online melalui media internet sangatlah efektif dan efisien. Mengapa disebut efektif dan efisien? 

Karena strategi pemasaran online melalui internet membuat usaha anda buka selama 24 jam dan dapat diakses oleh jutaan orang diseluruh dunia selama terhubung dengan koneksi internet. Dan dengan melakukan optimasi yang benar, usaha anda akan mudah ditemukan dan diketahui oleh banyak orang yang bisa jadi menjadi pelanggan anda dikemudian hari.

 1.      Strategi Pemasaran Melalui Website Atau Blog
Memiiliki website atau blog sebagai sarana pemasaran secara online adalah suatu keharusan. Karena dengan memiliki website/Blog, membuat usaha anda dapat diketahui selama 24 jam sehari. Salah satu strategi pemasaran yang penting dari web adalah anda dapat menjelaskan secara rinci produk dan jasa yang anda jual. Selain itu anda dapat membujuk pengunjung untuk membeli produk atau jasa anda.

 2.      Strategi Pemasaran Dengan Optimasi Website
Sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN dll sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diinginkan atau dikenal dengan istilah SEO (Search Engine optimization). 

Umumnya pengguna hanya akan mengklik link yang teratas dari hasil pencariannya atau setidaknya link yang ada pada halaman pertama saja. Supaya website anda bisa tampil di halaman depan, optimasi terhadap website perlu dilakukan agar strategi pemasaran berhasil sebagaimana yang sudah saya jelaskan dimateri Riset online. Untuk pengembangan SEO, dilain kesempatan bisa saya jelaskan.

 3.      Manfaatkan Jaringan Sosial
Saat ini hampir semua pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster dan situs lainnya. Pengguna situs tersebut sudah mencapai belasan bahkan mungkin sudah puluhan juta untuk Indonesia. Pasar yang potensial bagi yang jeli untuk mempromosikan produk di internet

Sampai sampai saat ini ada istilah facebook marketing karena facebook pasar yang potensial untuk mempromosikan produk. Banyak cara untuk berpromosi lewat facebook, cara yang paling ampuh adalah panggil teman terdeketmu dengan chatting dan mengajaknya seperti dengan cara anda mengajak ketika offline.

Untuk cara yang umum adalah dengan membuat grup, page, atau account yang berdasar pada bisnismu. Dan kalau bisa mereka bisa mengontak kamu secara leluasa agar tidak terjadi miss understanding saat pertama perkenalan bisnis.

Cara kedua bisa juga melalui private massage kepada teman-teman FB kamu.


Cara memasarkan Produk dengan cepat di INTERNET
4.      Email Marketing
Selain website marketing,promosi bisnis melalui internet dapat dilakukan melalui email marketing. Pemberitahuan mengenai informasi produk untuk memberikan penawaran kepada calon konsumen, dapat dilakukan secara masal maupun personal  melalui email marketing. 

Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah, dan murah. Selain membantu mempromosikan produk, email marketing juga menjadi sarana komunikasi antara pelaku usaha dengan calon konsumen.  Konsumen yang tertarik dengan produk Anda, biasanya akan menanyakan informasi produk tersebut melalui telepon maupun email. Keberadaan email marketing, mendukung kegiatan pemasaran baik secara online maupun secara offline.

 5.      Forum Atau Komunitas
Forum atau tempat diskusi lainnya menjadi media yang efektif sebagai alat promosi bisnis secara online. Manfaatkan tool signature yang diberikan oleh pemilik forum dengan memberikan link menuju web anda.

 6.      Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis
Banyak sekali iklan gratis di internet yang artinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengiklankan usaha anda. Anda hanya perlu registrasi dan menuliskan iklan anda.

 7.      Memasang Banner Di Situs Lain
Pemasangan banner di situs yang memiliki banyak pengunjung tentu bisa menarik banyak pengguna internet untuk berkunjung ke situs anda. Pertukaran banner dengan situs sejenis juga dapat membantu optimasi web anda.

 8.      Meminta review produk
Review atau meminta opini merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang sedang ramai. Anda dapat meminta review dari pemilik blog lain utuk di tampilkan di blog mereka.
Semoga bermanfaat


Artikel yang lainnya