Kamis, 04 Juli 2013

Syarat untuk memulai bisnis online

Beberapa syarat dan peralatan yang wajib dikerjakan saat kita memulai bisnis online agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut adalah Syarat untuk memulai bisnis online:

Niat dan Kemauan
Tidak hanya untuk bekerja online, kerja apapun yang kita lakukan haruslah didahuli dengan niat dan kemauan sematang mungkin. Kenapa disini saya memakai kata kemauan? Karena kata “ingin” itu sendiri terlalu sempit dan tidak memberikan arti untuk merealisasikan keinginan kita tersebut. Namun ketika kita memkai terma kemauan maka pengertiannyapun lebih luas dan mencakup adanya usaha untuk merealisasikan keinginan kita.

Baiklah, kita kembali ke persoalan, kenapa niat dan kemauan disini mejadi syarat pertama? adalah dalam bekerja didunia maya tidaklah jauh berbeda dengan kita bekerja didunia nyata. Yaitu meluangkan waktu, pikiran dan sedikit tenaga. Tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa kita bisa mendapatkan uang dalam waktu singkat tanpa melakukan apapun didunia maya, walaupun yang dimaksud dengan kerja disini tidaklah sesulit kerja didunia nyata.

Sejauh yang saya ketahui seorang Pemula rentan sekali dengan putus asa dan akhirnya meninggalkan bisnis ini. Ini lebih dikarenakan kurang ditatanya niat dari awal dalam menjalankan pekerjaan ini.Bagi anda yang memang benar-benar berkemauan untuk mendapatkan income yang maksimal, maka tidak ada cara lain kecuali kesungguh-sungguhan dan sebaliknya jika anda tidak bersungguh-sungguh maka jangan salahkan penulis, karena kunci kesuksesan ada ditangan anda sendiri.

Keberanian
Anda sebagai seorang Pekerja Online harus berani memulai bisnis anda, Anda harus berani bereksperimen sendiri, Anda harus berani gagal dan Anda harus berani meluangkan waktu dan sedikit biaya untuk memperlajari dan menjalankan bisnis ini . karena jika anda lebih mengedepankan rasa takut anda, maka anda tidak akan pernah mendapatkan apaapa.

Masih ingatkah anda ketika awal mula masuk Taman kanak-kanak. Anda takut untuk berangkat, harus ditemani orang tua dan lain-lain, tapi orang tua anda selalu memberikan motivasi kepada anda untuk tidak takut berangkat sendiri dan sekarang see anda kemanakemana sendiri dan rasa takut itupun telah hilang.

Anda lihat ada tumpukan air pegunungan yang dikemas dalam botol plastik? Jika kita piker bagaimana air putih bisa dijual dengan harga yang hampir sama dengan BBM? Orang lain berpikir dan menertawakan betapa gilanya pemilik ide menjual air pegunungan dalam kemasan. Namun buktinya air putih itu hingga kini dijual laris dan bahkan menjadi satu kebutuhan masyarakat dunia, dan coba bayangkan berapa income yang didapatkan oleh sipemilik ide sekarang.

Akses Internet
Kita berbisnis di dunia Internet, maka sudah menjadi syarat mutlak keberadaan internet itu sendiri bagi pekerja online. Dan saya rasa syarat inilah yang kemudian akan membutuhkan banyak dana, karena sejauh penulis ketahui bahwa belum ada layanan internet yang diberikan secara gratis dimanapun, kecuali bagi anda yang saat ini mendapatkan fasilitas internet di tempat anda bekerja (Jadi tidak ada biaya kan?).

Alat Pembayaran Online
Alat Pembayan online ini juga tidak kalah pentingnya dalam dunia bisnis online, bahkan penulis mewajibkan kepemilikan alat pembayaran ini harus anda. Logikanya, kita bekerja secara online dan barang tentu sistem pembayarannya pun juga melalui Online. Ibarat dalam dunia nyata, Alat Pembayaran online ini berfungsi sebagai bank, dompet ataupun brangkas besi, dan kalau tidak ada terus mau dikemanakan komisi kita?

Untuk jenis Alat pembayaran online yang direkomendasikan untuk segera dimiliki oleh pebisnis online adalah Paypal dan Alertpay. Namun untuk pemula, saya menganjurkan kepemilikan Paypal terlebih dahulu. Kenapa? karena untuk saat ini, transaksi pembayaran online internasional mayoritas menggunakan Paypal. Tinjau cara daftar Paypal dan Alertpay. Syarat ini bisa anda acuhkan, jika konteks bisnis online yang akan anda kerjakan dalam lingkup Indonesia saja, karena untuk Indonesia dibayar dengan rupiah dan ditransfer langsung kerekening anda tanpa melalui Paypal lebih dahulu.

Kartu Rekening Bank
Keberadaan rekening bank disini dimaksudkan untuk witdraw/mutasi uang anda dari rekening Pembayaran online(Paypal, Alertpay atau e Gold) kerening anda. Untuk jenis bank yang dimaksud adalah semua bank lokal Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa keberadaan bank ini juga bisa menjadi alat pembayaran online bagi anda yang berbisnis dalam lingkup Indonesia saja, tapi untuk go internasional penulis katakan tidak dan tidak.

Ingat, keberadaan rekening rekening bank ini sangatlah wajib baik anda yang bertarung online dalam ataupun internasional. Jika anda masih dalam wiliyah dibawah umur maka anda bisa memakai kartu rekening orang tua anda. Ok, gampangkan.

Blog/Web Blog atau website
Sebenarnya persyaratan kepemilikan Blog, Web Blog atau website ini tidak lah begitu ditekannkan, namun pada hakikatnya, Blog, Web Blog atau website sangatlah diperlukan dalam dunia bisnis online. Ketika anda mendapatkan terma pasif income dalam bisnis online, disinilah letaknya. Karena dengan Blog, Web Blog atau website itu penghasilan akan mengalir dengan sendiri ke rekening anda. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mengurus Blog, Web Blog atau website tersebut juga membutuhkan biaya dan tenaga serta waktu.

Namun jika anda enggan untuk memiliki Blog, Web Blog atau website tidaklah mengapa, karena anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari internet tanpa keberadaannya. Namun hasil yang anda dapatkan tentu tidaklah sebesar ketika anda mempunyai Blog, Web Blog atau website pribadi.

Untuk mendapatkan Blog, Web Blog atau website sendiri tidaklah sulit, bahkan anda bias mendapatkan gratis misalnya dengan memakai blogspot dan wordpres(untuk saat ini wordpress tidak mengijinkan dipakai untuk berbisnis) atau dengan hosting dan domain gratis. Bagi anda sebelumnya telah mempunyai blog ataupun website pribadi, maka kini bias dipastikan anda telah mempunyai peluang besar untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Selain sebagai kantor maya anda, fungsi blog atau Website pribadi juga sebagai tempat dimana kita mendapatkan penghasilan. Yaitu dengan memasang iklan(adsense, banner, affiliate dll) yang mana anda akan dibayar setiap pengunjung yang mengklik iklan itu. Selain itu, anda juga bisa memasarkan produk pribadi anda dengan blog, Web Blog atau Website ini.

Sekarang setelah anda mengetahui syarat-sayartnya, berarti saat ini anda sedang dalam babak penyisihan, dalam artian siapkah anda melakukan syarat syarat itu. Jika anda merasa belum siap menjadi pebisnis online saat ini, maka tugas anda sekarang adalah segera melengkapi persyaratan itu dan kemudian berkata lantang saya telah siap!!!!. Selamat bekerja, semoga sukses

Artikel yang lainnya