Undang Undang No. 9 Tahun 1995
Tentang : Usaha Kecil
Oleh : PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA Nomor : 9 TAHUN 1995 (9/1995) Tanggal : 26 DESEMBER 1995 (JAKARTA)
Sumber : LN 74; TLN 3611PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang:
a. bahwa negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945 melaksanakan Pembangunan Nasional yang bertujuan mewujudkan suatu
masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual bagi seluruh
rakyat Indonesia;
b. bahwa untuk mencapai tujuan tersebut Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat
telah dan akan terus melaksanakan Pembangunan Nasional;
c. bahwa dalam Pembangunan Nasional, Usaha Kecil sebagai bagian integral
dunia usaha yang merupakan kegiatan ekonomi rakyat mempunyai kedudukan, potensi
dan peran yang strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang
makin seimbang berdasarkan demokrasi ekonomi;
d. bahwa sehubungan dengan hal tersebut, Usaha Kecil perlu lebih diberdayakan
dalam memanfaatkan peluang usaha dan menjawab tantangan perkembangan ekonomi di
masa yang akan datang;
e. bahwa berdasarkan pertimbangan tersebut di atas, untuk memberikan
dasar hukum bagi pemberdayaan Usaha Kecil perlu dibentuk Undangundang
tentang Usaha Kecil;
Mengingat:
Pasal 5 ayat (1), Pasal 20 ayat (1), dan Pasal 27 ayat (2), dan Pasal
33
Undang-Undang Dasar 1945;
Dengan Persetujuan
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA
MEMUTUSKAN:
Menetapkan:
UNDANG-UNDANG TENTANG USAHA KECIL.
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Undang-undang ini yang dimaksud dengan:
1. Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi
kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan
sebagaimana diatur dalam Undang-undang ini;
2. Usaha Menengah dan Usaha Besar adalah kegiatan ekonomi yang mempunyai
kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar daripada
kekayaan bersih dan hasil penjualan tahunan Usaha Kecil;
3.
Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah, dunia usaha, dan
masyarakat dalam bentuk penumbuhan iklim usaha, pembinaan danpengembangan sehingga Usaha Kecil mampu menumbuhkan dan memperkuat dirinya menjadi usaha
yang tangguh dan mandiri;
4. Iklim usaha adalah kondisi yang diupayakan Pemerintah berupa penetapan
berbagai peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan di berbagai aspek
kehidupan ekonomi agar Usaha Kecil memperoleh kepastian kesempatan yang sama
dan dukungan berusaha yang seluas-luasnya sehingga berkembang menjadi usaha yang
tangguh dan mandiri;
5. Pembinaan dan pengembangan adalah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah
dunia usaha dan masyarakat melalui pemberian bimbingan dan bantuan perkuatan
untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan Usaha Kecil agar menjadi usaha
yang tangguh dan mandiri;
6. Pembiayaan adalah penyediaan dana oleh Pemerintah, dunia usaha,dan
masyarakat melalui lembaga keuangan bank, lembaga keuangan bukan bank, atau
melalui lembaga lain dalam rangka memperkuat permodalan Usaha Kecil;
7. Penjaminan adalah pemberian jaminan pinjaman Usaha Kecil oleh lembaga
penjamin sebagai dukungan untuk memperbesar kesempatan memperoleh pembiayaan
dalam rangka memperkuat permodalannya;
8. Kemitraan adalah kerja sama usaha antara Usaha Kecil dengan Usaha Menengah
atau dengan Usaha Besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh Usaha Menengah
atau Usaha Besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling
memperkuat, dan saling menguntungkan.
BAB II
LANDASAN, ASAS, DAN TUJUAN
Pasal 2
Pemberdayaan Usaha Kecil berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar
1945.
Pasal 3
Pemberdayaan Usaha Kecil diselenggarakan atas asas kekeluargaan.
Pasal 4
Pemberdayaan Usaha Kecil bertujuan:
a. menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan Usaha Kecil menjadi usaha
yang tangguh dan mandiri serta dapat berkembang menjadi Usaha Menengah;
b. meningkatkan peranan Usaha Kecil dalam pembentukan produk nasional,
perluasan kesempatan kerja dan berusaha, meningkatkan ekspor, serta peningkatan
dan pemerataan pendapatan untuk mewujudkan dirinya sebagai tulang punggung
serta memperkukuh struktur perekonomian nasional.
BAB III
KRITERIA
Pasal 5
(1) Kriteria Usaha Kecil adalah sebagai berikut:
a. memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.200.000.000,- (dua ratus
juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; atau
b. memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp.
1.000.000.000,- (satu milyar rupiah);
c. milik Warga Negara Indonesia;
d. berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan
yang dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung
dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar;
e. berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan
hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.
(2) Kriteria sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf a dan b, nilai nominalnya,
dapat diubah sesuai dengan perkembangan perekonomian, yang diatur dengan
Peraturan Pemerintah.
BAB IV
IKLIM USAHA
Pasal 6
(1) Pemerintah menumbuhkan iklim usaha bagi Usaha Kecil melalui
penetapan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan meliputi
aspek:
a. pendanaan;
b. persaingan;
c. prasarana;
d. informasi;
e. kemitraan;
f. perizinan usaha; dan
g. perlindungan.
(2) Dunia usaha dan masyarakat berperan serta secara aktifmenumbuhkan
iklim usaha sebagaimana dimaksud dalam ayat (1).
Pasal 7
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek pendanaan sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf a dengan menetapkan peraturan
perundang-undangan dan kebijaksanaan untuk:
a. memperluas sumber pendanaan;
b. meningkatkan akses terhadap sumber pendanaan;
c. memberikan kemudahan dalam pendanaan.
Pasal 8
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek persaingan sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 6 ayat (1) huruf b dengan menetapkan peraturan perundang-undangan
dan kebijaksanaan untuk:
a. meningkatkan kerja sama sesama Usaha Kecil dalam bentuk koperasi, asosiasi,
dan himpunan kelompok usaha untuk memperkuat posisi tawar Usaha Kecil;
b. mencegah pembentukan struktur pasar yang dapat melahirkan persaingan
yang tidak wajar dalam bentuk monopoli, oligopoli, dan monopsoni yang merugikan
Usaha Kecil;
c. mencegah terjadinya penguasaan pasar dan pemusatan usaha oleh orang
perseorangan atau kelompok tertentu yang merugikan Usaha Kecil.
Pasal 9
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek prasarana sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 6 ayat (1) huruf c dengan menetapkan peraturan perundang-undangan
dan kebijaksanaan untuk:
a. mengadakan prasarana umum yang dapat mendorong dan mengembangkan
pertumbuhan Usaha Kecil;
b. memberikan keringanan tarif prasarana tertentu bagi Usaha Kecil.
Pasal 10
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek informasi sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 6 ayat (1) huruf d dengan menetapkan peraturan perundang-undangan
dan kebijaksanaan untuk:
a. membentuk dan memanfaatkan bank data dan jaringan informasi bisnis;
b. mengadakan dan menyebarkan informasi mengenai pasar, teknologi,
desain, dan mutu.
Pasal 11
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek kemitraan sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 6 ayat (1) huruf e dengan menetapkan peraturan perundang-undangan
dan kebijaksanaan untuk:
a. mewujudkan kemitraan;
b. mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan Usaha Kecil dalam pelaksanaan
transaksi usaha dengan Usaha Menengah dan Usaha Besar.
Pasal 12
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek perizinan usaha sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf f dengan menetapkan peraturan
perundang-undangan dan kebijaksanaan untuk:
a. menyederhanakan tata cara dan jenis perizinan dengan
mengupayakan terwujudnya sistem pelayanan satu atap;
b. memberikan kemudahan persyaratan untuk memperoleh perizinan.
Pasal 13
Pemerintah menumbuhkan iklim usaha dalam aspek perlindungan sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf g dengan menetapkan peraturan
perundang-undangan dan kebijaksanaan untuk:
a. menentukan peruntukan tempat usaha yang meliputi pemberian lokasi di
pasar, ruang pertokoan, lokasi sentra industri, lokasi pertanian rakyat,
lokasi pertambangan rakyat, dan lokasi yang wajar bagi
pedagang kaki lima, serta lokasi lainnya;
b. mencadangkan bidang dan jenis kegiatan usaha yang memiliki kekhususan
proses,
bersifat padat karya, serta mempunyai nilai seni budaya yang bersifat khusus
dan turun temurun;
c. mengutamakan penggunaan produk yang dihasilkan Usaha Kecil melaluipengadaan
secara langsung dari Usaha Kecil;
d. mengatur pengadaan barang atau jasa dan pemborongan kerja Pemerintah;
e. memberikan bantuan konsultasi hukum dan pembelaan.
BAB V
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN
Pasal 14
Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melakukan pembinaan dan pengembangan
Usaha Kecil dalam bidang:
a. produksi dan pengolahan;
b. pemasaran;
c. sumber daya manusia; dan
d. teknologi.
Pasal 15
Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melakukan pembinaan dan pengembangan
dalam bidang produksi dan pengolahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf
a dengan:
a. meningkatkan kemampuan manajemen serta teknik produksi dan pengolahan;
b. meningkatkan kemampuan rancang bangun dan perekayasaan;
c. memberikan kemudahan dalam pengadaan sarana dan prasarana produksi
dan pengolahan, bahan baku, bahan penolong, dan kemasan.
Pasal 16
Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melakukan pembinaan dan pengembangan
dalam bidang pemasaran, baik di dalam maupun di luar negeri, sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 14 huruf c dengan:
a. melaksanakan penelitian dan pengkajian pemasaran;
b. meningkatkan kemampuan manajemen dan teknik pemasaran;
c. menyediakan sarana serta dukungan promosi dan uji coba pasar;
d. mengembangkan lembaga pemasaran dan jaringan distribusi;
e. memasarkan produk Usaha Kecil.
Pasal 17
Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melakukan pembinaan danpengembangan
dalam bidang sumber daya manusia sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 14 huruf c dengan:
a. memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan;
b. meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial;
c. membentuk dan mengembangkan lembaga pendidikan, pelatihan, dan konsultasi
Usaha Kecil;
d. menyediakan tenaga penyuluh dan konsultan Usaha Kecil.
Pasal 18
Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melakukan pembinaan danpengembangan
dalam bidang teknologi sebagaimana dimaksud dalam Pasal
14 huruf d dengan:
a. meningkatkan kemampuan di bidang teknologi produksi dan pengendalian
mutu;
b. meningkatkan kemampuan di bidang penelitian untuk mengembangkan
desain dan teknologi baru;
c. memberi insentif kepada Usaha Kecil yang menerapkan teknologi baru
dan melestarikan lingkungan hidup;
d. meningkatkan kerjasama dan alih teknologi;
e. meningkatkan kemampuan memenuhi standardisasi teknologi;
f. menumbuhkan dan mengembangkan lembaga penelitian dan
pengembangan di bidang desain dan teknologi bagi Usaha Kecil.
Pasal 19
(1) Pembinaan dan pengembangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal
14, yang menyangkut tata cara, bobot, intensitas, prioritas, dan jangka
waktu pembinaan dan pengembangannya, dilaksanakan dengan memperhatikan
klasifikasi dan tingkat perkembangan Usaha Kecil yang bersangkutan.
(2) Ketentuan mengenai tata cara, bobot, intensitas, prioritas, dan
jangka waktu pembinaan dan pengembangan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1)
diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
Pasal 20
(1) Usaha Kecil yang telah dibina dan berkembang menjadi Usaha Menengah
masih dapat diberikan pembinaan dan pengembangan alam jangka waktu paling lama
tiga tahun.
(2) Pemerintah menetapkan bidang pembinaan dan pengembangan yang masih
perlu diberikan kepada Usaha Menengah sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1).
(3) Usaha Kecil yang telah dibina dan berkembang menjadi Usaha
Menengah tetap dapat menempati lokasi usaha dan melakukan kegiatan usaha yang
dicadangkan.
BAB VI
PEMBINAAN DAN PENJAMINAN
Pasal 21
Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat menyediakan pembiayaan yang
meliputi:
a. kredit perbankan;
b. pinjaman lembaga keuangan bukan bank;
c. modal ventura;
d. pinjaman dari dana penyisihan sebagian laba badan usaha milik
negara (BUMN);
e. hibah; dan
f. jenis pembiayaan lainnya.
Pasal 22
Untuk meningkatkan akses Usaha Kecil terhadap pembiayaan sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 21 dilakukan dengan:
a. meningkatkan kemampuan dalam pemupukan modal sendiri;
b. meningkatkan kemampuan menyusun studi kelayakan;
c. meningkatkan kemampuan manajemen keuangan;
d. menumbuhkan dan mengembangkan lembaga penjamin.
Pasal 23
(1) Pembiayaan bagi Usaha Kecil dapat dijamin oleh lembaga penjamin
yang dimiliki Pemerintah dan/atau swasta.
(2) Lembaga penjamin sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) menjamin
pembiayaan Usaha Kecil dalam bentuk:
a. penjaminan pembiayaan kredit perbankan;
b. penjaminan pembiayaan atas bagi hasil;
c. penjaminan pembiayaan lainnya.
Pasal 24
Lembaga penjamin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 terdiri atas:
a. lembaga penjamin yang dibentuk berdasarkan peraturan
perundangundangan
yang berlaku;
b. lembaga lainnya yang ditetapkan sebagai lembaga penjamin.
Pasal 25
Pembiayaan dan penjaminan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 dan 23
yang menyangkut alokasi, tata cara, prioritas, serta jangka waktu
pembiayaan dan penjaminan dilaksanakan dengan memperhatikan
klasifikasi
dan tingkat perkembangan Usaha Kecil.
BAB VII
KEMITRAAN
Pasal 26
(1) Usaha Menengah dan Usaha Besar melaksanakan hubungan kemitraan
dengan Usaha Kecil, baik yang memiliki maupun yang tidak memiliki
keterkaitan usaha.
(2) Pelaksanaan hubungan kemitraan sebagaimana dimaksud dalam ayat
(1) diupayakan ke arah terwujudnya keterkaitan usaha.
(3) Kemitraan dilaksanakan dengan disertai pembinaan dan
pengembangan dalam salah satu atau lebih bidang produksi dan
pengolahan, pemasaran, permodalan, sumber daya manusia, dan
teknologi.
(4) Dalam melakukan hubungan kemitraan kedua belah pihak mempunyai
kedudukan hukum yang setara.
Pasal 27
Kemitraan dilaksanakan dengan pola:
a. inti-plasma
b. subkontrak;
c. dagang umum;
d. waralaba;
e. keagenan; dan
f. bentuk-bentuk lain.
Pasal 28
Usaha Kecil yang melaksanakan hubungan kemitraan sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 26 adalah usaha yang telah terdata dan pengelolaannya
sebagian besar dilakukan oleh Warga Negara Indonesia.
Pasal 29
Hubungan kemitraan dituangkan dalam bentuk perjanjian tertulis yang
sekurang-kurangnya mengatur bentuk dan lingkup kegiatan usaha
kemitraan, hak dan kewajiban masing-masing pihak, bentuk pembinaan dan
pengembangan, serta jangka waktu dan penyelesaian perselisihan.
Pasal 30
Pelaksanaan hubungan kemitraan yang berhasil antara Usaha Menengah
atau Usaha Besar dengan Usaha Kecil ditindaklanjuti dengan kesempatan
pemilikan saham Usaha Menengah atau Usaha Besar oleh Usaha Kecil mitra
usahanya dengan harga yang wajar.
Pasal 31
Dalam pelaksanaan hubungan kemitraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal
26, Usaha Menengah atau Usaha Besar dilarang memiliki dan/atau
menguasai Usaha Kecil mitra usahanya.
Pasal 32
Ketentuan mengenai tata cara pelaksanaan kemitraan diatur lebih lanjut
dengan Peraturan Pemerintah.
BAB VIII
KOORDINASI DAN PENGENDALIAN
Pasal 33
(1) Presiden menunjuk Menteri yang membidangi Usaha Kecil yang
bertanggung jawab atas, serta mengkoordinasikan dan mengendalikan
pemberdayaan Usaha Kecil.
(2) Untuk memantapkan koordinasi dan pengendalian, Presiden dapat
membentuk lembaga koordinasi dan pengendalian pemberdayaan
Usaha Kecil yang dipimpin oleh Menteri sebagaimana dimaksud dalam
ayat (1) dengan anggota-anggotanya terdiri dari unsur Pemerintah,
pengusaha, tenaga ahli, tokoh dan lembaga swadaya masyarakat.
(3) Koordinasi dan pengendalian sebagaimana dimaksud dalam ayat (1),
meliputi penyusunan kebijaksanaan dan program pelaksanaan,
pemantauan, evaluasi serta pengendalian umum terhadap
pelaksanaan pemberdayaan Usaha Kecil.
BAB IX
KETENTUAN UMUM
Pasal 34
Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang
lain secara melawan hukum dengan mengaku atau memakai nama usaha
kecil sehingga memperoleh fasilitas kemudahan dana, keringanan tarif,
tempat usaha, bidang dan kegiatan usaha, atau pengadaan barang dan
jasa
atau pemborongan pekerjaan Pemerintah yang diperuntukan dan
dicadangkan bagi Usaha Kecil yang secara langsung atau tidak langsung
menimbulkan kerugian bagi Usaha Kecil diancam dengan pidana penjara
paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak
Rp.2.000.000.000,-
(dua milyar rupiah).
Pasal 35
Perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34 adalah tindak pidana
kejahatan.
BAB X
SANKSI ADMINISTRATIF
Pasal 36
(1) Usaha Menengah atau Usaha Besar yang dengan sengaja melanggar
ketentuan Pasal 31 dikenakan sanksi administratif berupa pencabutan
izin usaha dan atau denda paling banyak Rp. 5.000.000.000,- (lima
milyar rupiah) oleh instansi yang berwenang.
(2) Jika tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34 dilakukan
oleh atau atas nama badan usaha, dapat dikenakan sanksi
administratif berupa pencabutan sementara atau pencabutan tetap izin
usaha oleh instansi berwenang.
BAB XI
KETENTUAN PENUTUP
Pasal 37
Dengan berlakunya Undang-undang ini, seluruh peraturan
perundangundangan
yang berkaitan dengan pengaturan Usaha Kecil dinyatakan tetap
berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Undang-undang ini.
Pasal 38
Undang-undang ini mulai berlaku sejak tanggal diundangkan.
Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan
Undangundang
ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik
Indonesia.
Disahkan di Jakarta
pada tanggal 26 Desember 1995
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
ttd.
SOEHARTO
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 26 Desember 1995
MENTERI NEGARA SEKRETARIS NEGARA
REPUBLIK INDONESIA
ttd.
MOERDIONO
PENJELASAN ATAS UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 9 TAHUN 1995 TENTANG USAHA KECIL
I. UMUM
Pembangunan Nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan
makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-undang
Dasar 1945 dalam wadah negara Kesatuan Republik
Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam
suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib, dan dinamis dalam
lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib, dan damai.
Pembangunan Nasional sebagai pengamalan Pancasila yang mencakup seluruh
aspek kehidupan bangsa diselenggarakan bersama oleh masyarakat dan Pemerintah.
Masyarakat adalah pelaku utama pembangunan dan Pemerintah berkewajiban
mengarahkan, membimbing, melindungi, serta menumbuhkan suasana yang menunjang.
Kegiatan masyarakat dan kegiatan Pemerintah saling menunjang, saling mengisi,
dan saling melengkapi dalam satu kesatuan langkah menuju tercapainya tujuan
Pembangunan Nasional.
Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilaksanakan pembangunan di
segala bidang dengan titik berat diletakkan pada bidang ekonomi seiring dengan kualitas
sumber daya manusia tetap bertumpu pada aspek pemerataan, pertumbuhan dan
stabilitas. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi selama Pembangunan Jangka Panjang
Pertama, selain telah meningkatkan kesejahteraan rakyat juga telah menumbuh-kembangkan
Usaha Besar, Usaha Menengah, Usaha Kecil, dan Koperasi.
Usaha Kecil, yang merupakan bagian integral dunia usaha nasional mempunyai
kedudukan, potensi, dan peranan yang sangat penting dan strategis dalam
mewujudkan tujuan Pembangunan Nasional pada umumnya dan tujuan pembangunan
ekonomi pada khususnya. Usaha Kecil merupakan kegiatan usaha yang mampu
memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas pada masyarakat
dapat berperan dalam proses pemerataan dan meningkatkan pendapatan masyarakat,
serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas
nasional pada umumnya dan stabilitas pada khususnya.
Kenyataan menunjukkan bahwa Usaha Kecil masih belum dapat mewujudkan
kemampuan dan peranannya secara optimal dalam perekonomian nasional. Hal itu
disebabkan oleh kenyataan bahwa Usaha Kecil masih menghadapi berbagai hambatan
dan kendala, baik yan bersifat eksternal maupun internal, dalam bidang produksi
dan pengolahan, pemasaran, permodalan, sumber daya manusia, dan teknologi,
serta iklim usaha yang belum mendukung bagi perkembangannya.
Dalam upaya meningkatkan kesempatan dan kemampuan Usaha Kecil, telah dikeluarkan
berbagai kebijaksanaan oleh Pemerintah tentang pencadangan usaha, pendanaan,
dan pembinaan, tetapi belum berhasil sebagaimana diharapkan karena belum adanya
kepastian hukum yang merupakan perlindungan bagi Usaha Kecil dan dipatuhi oleh
semua pihak.
Dihadapkan pada era perdagangan bebas dalam rangka mengantisipasi keterbukaan
perekonomian dunia, baik pada tingkat regional maupun tingkat dunia, Usaha
Kecil dituntut menjadi tangguh dan mandiri. Sehubungan dengan itu, Usaha Kecil
perlu memberdayakan dirinyadan diberdayakan dengan berpijak pada kerangka hukum
nasional yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi
terwujudnya demokrasi ekonomi yang berdasar pada asas kekeluargaan.
Pemberdayaan Usaha Kecil dilakukan melalui:
a) penumbuhan iklim usaha yang mendukung bagi pengembangan Usaha Kecil;
b) pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil serta kemitraan usaha. Pemberdayaan
Usaha Kecil dilaksanakan oleh Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Dengan
memberdayakan Usaha Kecil, diharapkan Usaha Kecil menjadi tangguh, mandiri, dan
juga dapat berkembang menjadi Usaha Menengah.
Usaha Kecil yang tangguh, mandiri, dan berkembang dengan sendirinya
akan meningkatkan produk nasional, kesempatan kerja, ekspor, serta pemerataan
hasil-hasil pembangunan, yang pada gilirannya akan memberikan sumbangan yang
lebih besar terhadap penerimaan negara. Selanjutnya, pemberdayaan Usaha Kecil
akan meningkatkan kedudukan serta peran Usaha Kecil dalam perekonomian nasional
sehingga akan terwujud tatanan perekonomian nasional yang sehat dan kukuh.
Dalam memberdayakan Usaha Kecil seluruh peraturan perundangundangan yang
berkaitan dengan Usaha Kecil, antara lain Undang-undang Nomor 5 Tahun 1984
tentang Perindustrian, Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, dan
Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian merupakan satu kesatuan
yang tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi. Berdasarkan hal-hal tersebut
di atas, Undang-undang ini disusun dengan maksud memberdayakan Usaha Kecil,
mencakup berbagai aspek pemberdayaan Usaha Kecil tetapi tidak mengatur
mekanisme internalnya. Di dalamnya dimuat tentang pengertian dan kriteria Usaha
Kecil serta landasan, asas dan tujuan.
Selanjutnya, diperjelas dan dipertegas pula segi-segi yang mencakup penumbuhan
iklim usaha yang kondusif, pembinaan, dan pengembangan, pembiayaan dan
penjaminan, kemitraan, koordinasi dan pengendalian, serta ketentuan pidana dan
sanksi administratif.
II. PASAL DEMI PASAL
Pasal 1
Yang dimaksud dengan Usaha Kecil tradisional adalah usaha yang menggunakan
alat produksi sederhana yang telah digunakan secara turun temurun, dan/atau berkaitan
dengan seni dan budaya. Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil adalah
kegiatan ekonomi berskala kecil yang dimiliki dan menghidupi sebagian besar
rakyat.
Angka 2
Yang dimaksud dengan Usaha Menengah dan Usaha Besar meliputi usaha
nasional (milik negara atau swasta), usaha patungan, dan usaha asing yang
melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.
Angka 3
Yang dimaksud dengan usaha yang tangguh dan mandiri adalah usaha yang memiliki
daya saing tinggi dan memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan bertumpu
pada kepercayaan dan kemampuan sendiri.
Angka 4
Cukup jelas
Angka 5
Pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh Pemerintah, dunia usaha,
dan masyarakat dapat dilaksanakan, baik secara sendiri-sendiri maupun secarabersama-sama.
Angka 6
Yang dimaksud dengan dana adalah sejumlah uang, surat-surat berharga,
atau aktiva lainnya. Yang dimaksud dengan permodalan adalah kekayaan usaha
dalam bentuk yang atau harta lainnya, yang menjadi dasar untuk menjalankan
dan mengembangkan usaha yang terdiri atas modal sendiri dan modal luar.
Angka 7
Cukup jelas
Angka 8
Kerja sama usaha dalam kemitraan hendaknya dilakukan
denganmemperhatikan tanggung jawab moral dan etika bisnis yang sehat.
Pasal 2
Cukup jelas
Pasal 3
Dalam upaya memberdayakan Usaha Kecil, jiwa dan semangat usahabersama merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dari asas kekeluargaan yang didalamnya terkandung
nilai-nilai keadilan.
Pasal 4
Cukup jelas
Pasal 5
Ayat (1)
Huruf a
Yang dimaksud dengan kekayaan bersih adalah nilai jual kekayaan usaha
(aset) dikurangi kewajibannya.
Huruf b
Yang dimaksud dengan hasil penjualan tahunan adalah hasil penjualan
bersih (neto) yang berasal dari penjualan barang dan jasa dari usahanya dalam
satu tahun buku.
Walaupun Undang-undang ini menetapkan batas kekayaan bersih atau hasil
penjualan tahunan tersebut, Usaha Kecil yang mendapatkan prioritas pemberdayaan
adalah Usaha Kecil yang merupakan lapisan terbesar dari jumlah Usaha Kecil yang
ada.
Huruf c
Yang dimaksud dengan milik Warga Negara Indonesia adalah Usaha Kecil
yang epenuhnya milik Warga Negara
Indonesia. Pemilik Usaha Kecil tersebut dapat mengelolanya sendiri atau
menyerahkan pengelolaannya kepada pihak lain.
Huruf d
Yang dimaksud dengan Usaha Kecil yang dimiliki atau dikuasai oleh
Usaha Menengah atau Usaha Besar adalah Usaha Kecil yang merupakan anak
perusahaan atau cabang perusahaan yang sepenuhnya atau sebagian besar sahamnya
dimiliki oleh Usaha Menengah atau Usaha Besar.
Yang dimaksud dengan Usaha Kecil yang berafiliasi dengan Usaha
Menengah atau Usaha Besar adalah Usaha Kecil yang dikendalikan secara langsung
atau tidak langsung oleh Usaha Menengah atau Usaha Besar.
a. Yang dimaksud dengan berafiliasi langsung adalah jika anggota dewan
komisaris, direksi, atau manajer Usaha Menengah atau Usaha Besarmerupakan
pemilik atau pengelola Usaha Kecil.
b. Yang dimaksud dengan berafiliasi tidak langsung adalah jika :
1) Usaha Kecil dan Usaha Menengah atau Usaha Besar dimiliki atau
dikuasai oleh orang atau pihak yang sama;
2) pemilik atau pengelola Usaha Kecil memiliki hubungan keluarga
secara horizontal atau vertikal, karena perkawinan atau keturunan sampai
derajat kedua, dengan salah seorang anggota dewan komisaris, direksi atau yang
mengendalikan Usaha Menengah atau Usaha Besar, jika terdapat keterkaitan usaha
baik horizontal maupun vertikal, antara Usaha Kecil dengan Usaha Menengah atau
Usaha Besar yang bersangkutan. Yang dikecualikan dengan pengertian dimiliki,
dikuasai atau
berafiliasi ialah koperasi karyawan dari Usaha Menengah atau Usaha Besar.
Huruf c
Cukup jelas
Ayat (2)
Cukup jelas
Pasal 6
Ayat (1)
Yang berwenang menetapkan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan
sebagaimana yang dimaksud pasal ini paling rendah adalah Menteri.
Huruf a
Yang dimaksud dengan pendanaan dalam pasal ini adalah upaya yang
terdiri atas penyediaan sumber dana, tata cara, dan persyaratan untuk pemenuhan
kebutuhan dana bagi pemberdayaan Usaha Kecil. Huruf b sampai huruf g
Cukup jelas
Ayat (2)
Cukup jelas
Pasal 7
Huruf a
Yang dimaksud dengan memperluas sumber pendanaan adalahberbagai upaya
memperbanyak jenis dan meningkatkan alokasi pendanaan yang dapat dimanfaatkan
Usaha Kecil.
Huruf b
Yang dimaksud dengan meningkatkan akses terhadap sumber pendanaan mencakup
berbagai upaya penyederhanaan tata cara dalam memperoleh dana.
Huruf c
Yang dimaksud dengan memberikan kemudahan dalam pendanaan mencakup berbagai
upaya pemberian keringanan persyaratan dalam pendanaan.
Pasal 8
Huruf a
Kerja sama sesama Usaha Kecil dimaksudkan untuk meningkatkan posisi
tawar dalam melakukan transaksi bisnis dengan pihak lainnya agar mempunyai
posisi yang sepadan, Selain itu, kerja sama sesame Usaha Kecil akan
meningkatkan pula skala ekonomi usahanya.
Huruf b
Yang dimaksud dengan mencegah adalah upaya berupa deregulasi, pengaturan
tata niaga, penetapan harga, pengenaan sanksi, dan pembentukan komisi
persaingan. Pengertian pencegahan mencakup penghapusan bentuk monopoli,
oligopoli, dan monopoli, yang merugikan Usaha Kecil, kecuali yang dikendalikan
oleh negara demi kepentingan rakyat banyak.
Huruf c
Cukup jelas
Pasal 9
Huruf a
Yang dimaksud dengan mengadakan prasarana umum dalam pasal ini adalah penyediaan
prasarana yang memadai bagi pengembangan Usaha Kecil, antara lain, meliputi
pengadaan prasarana transportasi, telekomunikasi, listrik, air bersih, lokasi
usaha, tempat berusaha, dan pasar.
Huruf b
Yang dimaksud dengan memberikan keringanan tarif prasarana tertentu
dalam pasal ini adalah pengadaan pembedaan perlakuan tarif berdasarkan
ketetapan Pemerintah, baik yang secara langsung maupun tidak langsung
memberikan keringanan bagi Usaha Kecil.
Pasal 10
Huruf a
Yang dimaksud dengan bank data dan jaringan informasi bisnis adalah
berbagai pusat data bisnis dan sistem informasi bisnis yang dimiliki Pemerintah
atau swasta.
Huruf b
Yang dimaksud dengan mengadakan dan menyebarkan informasi mengenai
pasar, teknologi, desain, dan mutu adalah melakukan penyebaran informasi di
seluruh wilayah tanah air aga Usaha Kecil dapat mengikuti perkembangan pasar,
teknologi atau desain, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
Pasal 11
Huruf a
Yang dimaksud dengan mewujudkan kemitraan adalah suatu usaha Menengah
dan Usaha Besar melakukan kemitraan, antara lain, berupa stimulan tanpa adanya unsur
paksaan sehingga terlaksananya alih teknologi, manajemen, dan kesempatan
berusaha bagi Usaha Kecil dapat terjadi secara wajar.
Huruf b
Yang dimaksud dengan mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan Usaha
Kecil dalam pelaksanaan transaksi Usaha Kecil dengan Usaha Menengah dan/atau
Usaha Besar adalah upaya yang ditujukan agar Usaha Kecil tersebut tidak
dirugikan oleh Usaha Menengah dan/atau Usaha Besar, sebagai akibat penundaan
pembayaran, pengalihan resiko yang tidak adil dalam konsinyasi, dan pengenaan pungutanpungutan.
Pasal 12
Huruf a
Upaya mewujudkan sistem pelayanan satu atap dilaksanakan secara bertahap.
Huruf b
Yang dimaksud dengan pemberian kemudahan persyaratan untuk memperoleh perizinan
bagi Usaha Kecil, antara lain, adalah keringanan biaya.
Pasal 13
Huruf a
Yang dimaksud dengan menumbuhkan iklim usaha dalam aspek perlindungan mencakup
aspek peruntukan tempat usaha, antara lain:
1) lokasi di pasar, yaitu pengadaan lokasi untuk pasar tradisional
atau lokasi pasar tertentu lainnya yang khusus diperuntukkan bagi Usaha Kecil,
pembangunan lokasi pasar bagi Usaha Menengah atau Usaha Besar diatur dengan
memperhatikan jarak lokasi pasar yang telah diperuntukkan bagi Usaha Kecil;
2) ruang pertokoan, yaitu ruang yang disediakan bagi penguasa kecil
dalam pusat perbelanjaan;
3) lokasi sentra industri kecil, yaitu pengadaan lahan khusus bagi Usaha
Kecil atau pengadaan sebagian lahan pada kawasan industri yang dibangun oleh
Pemerintah atau oleh Usaha Menengah dan/atau Usaha Besar;
4) lokasi pertanian rakyat dalam arti luas, yaitu pencadangan lahan
pertanian bagi Usaha Kecil dalam pembangunan pertanian oleh Pemerintah atau
oleh Usaha Menengah dan/atau Usaha
Besar;
5) lokasi pertambangan rakyat, yaitu pengadaan lahan pertambangan
khusus bagi pengusaha kecil oleh Pemerintah.
6) lokasi untuk pedagang kaki lima, yang diatur melalui penetapan tata
ruang.
Huruf b
Yang dimaksud dengan mencadangkan bidang dan jenis kegiatan usaha
adalah pemberian perlindungan, antara lain, terhadap:
1) kegiatan usaha yang menggunakan teknologi yang mempunyai kekhususan
proses;
2) kegiatan usaha yang bersifat padat karya yang merupakan mata
pencaharian sebagian masyarakat setempat;
3) kegiatan usaha yang mempunyai nilai seni budaya yang bersifat
khusus serta turun temurun dan dikuasai oleh masyarakat secara turun-temurun
pula.
Huruf c
Cukup jelas
Huruf d
Yang dimaksud dengan pengadaan barang atau jasa dan pemborongan kerja pemerintah
adalah pengadaan dan pemborongan pekerjaan yang dibiayai dari Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah
(APBD), serta dari badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah
(BUMD).
Huruf e
Cukup jelas
Pasal 14 sampai pasal 16
Cukup jelas
Pasal 17
Huruf a
Yang dimaksud dengan memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan adalah
menanamkan dan mengembangkan jiwa, semangat, serta perilaku kewirausahaan,
yaitu:
a. kemauan dan kemampuan untuk bekerja dengan semangat
kemandirian;
b. kemauan dan kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara
sistematis, termasuk keberanian mengambil resiko usaha;
c. kemauan dan kemampuan berpikir dan bertindak secara kreatif dan
inovatif;
d. kemauan dan kemampuan untuk bekerja secara teliti, tekun, dan
produktif;
e. kemauan dan kemampuan untuk bekerja dalam kebersamaan dengan
berlandaskan etika bisnis yang sehat.
Huruf b sampai d
Cukup jelas
Pasal 18
Cukup jelas
Pasal 19
Ayat (1)
Yang dimaksud dengan klasifikasi dalam pasal ini adalah penggolongan Usaha
Kecil yang dilakukan oleh Pemerintah berdasarkan nilai kekayaan bersih atau
penjualan tahunan dengan memperhatikan kondisi nyata berbagai jenis dan lapisan
Usaha Kecil, termasuk Usaha Kecil informal, Usaha Kecil rumah tangga, dan Usaha
Kecil tradisional.
Pasal 20
Ayat (1)
Pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil yang telah berhasil berkembang
menjadi Usaha Menengah dapat dilanjutkan dalam jangka waktu paling lama tiga
tahun dimaksudkan agar selama kurun waktu tersebut dapat dimanfaatkan oleh
Usaha Menengah itu untuk memantapkan usahanya karena jangka waktu tigatahun
merupakan jangka waktu yang memadai sebagai proses pemantapan usaha.
Ayat (2)
Cukup jelas
Ayat (3)
Cukup jelas
Pasal 21
Huruf a sampai huruf e
Cukup jelas
Huruf f
Yang dimaksud dengan jenis pembiayaan lainnya adalah dana sumbangan
dari masyarakat, termasuk dana dari Usaha Besar swasta, dan sebagainya.
Pasal 22
Cukup jelas
Pasal 23
Ayat (1)
Dalam pelaksanaan penjaminan oleh lembaga penjamin, baik yang dimiliki
oleh Pemerintah maupun swasta, Usaha Kecil diberi berbagai kemudahan berupa
penyederhanaan tata cara dan persyaratan yangringan.
Ayat (2)
Huruf a
Cukup jelas
Huruf b
Cukup jelas
Huruf c
Yang dimaksud dengan penjaminan pembiayaan lainnya adalahpemberian
jaminan, antara lain, dalam bentuk jaminan orang perseorangan dan jaminan
perusahaan (avalis).
Pasal 24
Cukup jelas
Pasal 25
Tata cara pembiayaan dan penjaminan Usaha Kecil diupayakan dengan sederhana
dan mudah serta dengan persyaratan yang ringan. Prioritas pemberian pembiayaan
dan penjaminan diberikan kepada kelompok atau lapisan Usaha Kecil yang
jumlahnya paling besar, sedangkan jangka waktu pembiayaan ditetapkan secara
luwes, sesuai dengan kelayakan usaha dari
Usaha Kecil yang bersangkutan.
Pasal 26
Ayat (1)
Cukup jelas
Ayat (2)
Pelaksanaan hubungan kemitraan sebagaimana dimaksud dalam
ayat ini diarahkan kepada perluasan dan pendalamanketerkaitan bagi
Usaha Kecil yang memiliki keterkaitan usahaserta penumbuhan keterkaitan usaha
bagi Usaha Kecil yang memiliki potensi keterkaitan usaha.
Ayat (3)
Cukup jelas
Ayat (4)
Cukup jelas
Pasal 27
Yang dimaksud dengan:
a. pola inti-plasma adalah hubungan kemitraan antara Usaha Kecil engan
Usaha Menengah atau Usaha Besar, yang didalamnya Usaha
Menengah atau Usaha Besar bertindak sebagai inti dan Usaha Kecil selaku
plasma, perusahaan ini melaksanakan pembinaan mulai dari penyediaan sarana
produksi, bimbingan teknis, sampai dengan
pemasaran hasil produksi;
b. pola subkontrak adalah hubungan kemitraan antara Usaha Kecil dengan
Usaha Menengah atau Usaha Besar, yang didalamnya Usaha Kecil memproduksi
komponen yang diperlukan oleh Usaha Menengah atau Usaha Besar sebagai bagian
dari produksinya;
c. pola dagang umum adalah hubungan kemitraan antara Usaha Kecil dengan
Usaha Menengah atau Usaha Besar, yang didalamnya Usaha Menengah atau Usaha
Besar memasarkan hasil produksi Usaha Kecil atau Usaha Kecil memasok kebutuhan
yang diperlukan oleh Usaha Menengah atau Usaha Besar mitranya;
d. pola waralaba adalah hubungan kemitraan yang didalamnya pemberi waralaba
memberikan hak penggunaan lisensi, merek dagang, dan saluran distribusi
perusahaannya kepada penerima waralaba dengan disertai bantuan bimbingan
manajemen;
e. pola keagenan adalah hubungan kemitraan, yang didalamnya Usaha Kecil
diberi hak khusus untuk memasarkan barang dan jasa Usaha Menengah atau Usaha
Besar mitranya;
f. pola bentuk-bentuk lain di luar pola sebagaimana tertera dalam
huruf a, b, c, d dan e pasal ini adalah pola kemitraan yang pada saat ini sudah
berkembang, tetapi belum dibakukan, atau pola baru yang akan timbul di masa
yang akan datang.
Pasal 28
Pendataan dilakukan oleh Pemerintah dengan cara sederhana, mudah, dan tidak
dipungut biaya. Jika Usaha Kecil belum terdata, usaha tersebut tetap dapat
melaksanakan hubungan kemitraan.
Pasal 29
Penyelesaian perselisihan dalam hubungan kemitraan dilakukan secara musyawarah.
Jika tidak tercapai kata mufakat, perselisihan itu diselesaikan melalui badan
peradilan.
Pasal 30
Saham dengan harga yang wajar dapat dibeli oleh Usaha Kecil dengan
sistem
pembayaran yang ringan dan tidak merugikan pengembangan Usaha Kecil.
Pasal 32 sampai pasal 38
Cukup jelas
__________________________________
saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.
BalasHapus