Kamis, 02 Mei 2013

Bagaimana cara mempromosikan blog

Bagaimana cara mempromosikan blog
Bagaimana cara promosi blog? Apakah ini juga menjadi pertanyaan anda? Pertanyaan ini juga pernah menjadi pertanyaan saya beberapa bulan yang lalu. Oleh karena itu saya cukup paham bahwa banyak blogger yang sampai pada titik frustrasi karena blognya tidak kunjung ramai.
Saya harap blog anda baik baik saja....!. Atau, mungkin anda juga mengalami kesulitan yang sama? Jika demikian berarti anda juga belum mengetahui cara terbaik melakukan promosi blog.
Saya harap tulisan ini bisa membantu anda untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hanya saja sebelumnya saya mau menekankan bahwa tips promosi blog di bawah ini memerlukan "waktu luang" yang cukup banyak. Jadi mengenai masalah menyisihkan waktu sepenuhnya ada di tangan anda.
Ok, langsung saja kita bahas masalah promosi ini....
Faktor Apa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Promosi?
1. Blog yang akan dipromosikan menggunakan bahasa apa? 
Hal ini penting karena jika blog anda menggunakan bahasa Inggris, maka cakupan promosinya jauh lebih luas daripada blog bahasa Indonesia. Tools promosi yang bisa digunakan pun lebih beragam. Sudah kodratnya blog dengan bahasa Inggris mempunyai potensi traffic yang lebih besar.
2. Apa tema dari blog yang akan dipromosikan? 
Anda harus mengetahui bahwa blog dengan tema tertentu, jelas memiliki pasar tertentu pula. Anda bisa belajar mengenali pasar dari tema yang anda pilih di artikel riset kata kunci. Jika blog anda temanya gado-gado, maka potensinya bisa jadi jauh lebih besar. Hanya saja promosi blog anda pun bisa ikutan jadi gado-gado. Karena setiap artikel mempunyai pasar yang berbeda.
Apakah ada yang namanya Promosi blog berlebihan?  
Menurut saya tidak ada yang namanya promosi berlebihan. Kecuali yang anda maksud dengan berpromosi itu adalah memasang backlink di mana-mana, maka bisa saja itu menjadi berlebihan.

Untuk menghindari itu sebaiknya saat anda memasang link gunakan kata jangkar yang bervariasi (setidaknya ada 5 variasi). Kemudian pastikan laju pertambahan backlink blog anda cukup stabil. Dalam hal ini tentunya pemula akan sedikit kesulitan, karena untuk menemukan situs yang bisa memberi backlink juga butuh sedikit pengalaman.

Bagaimana cara mempromosikan blog dengan benar juga gratis?
1. Promosikan blog anda di Facebook 
Ikutilah tips berikut untuk mempromosikan blog anda dengan efektif di facebook.
  1. Carilah teman sebanyak-banyaknya, jika bisa anda mencari teman dari grup-grup facebook yang ada kaitannya dengan tema blog anda. Jika blog anda tidak punya tema khusus, maka teman boleh dipilih secara acak.
  2. Buatlah artikel blog baru dengan judul yang memprovokasi pembaca judulnya untuk mengklik.... SEKALI LAGI! PILIH JUDUL YANG MEMPROVOKASI! (sengaja sangat saya tekankan biar diperhatikan, karena kunci mendapat klik dari teman facebook ada di judul artikel....)
  3. Bagaimana potensi klik yang bisa anda peroleh? Anggap saja dalam 3 bulan anda bisa mendapatkan 2000 teman. Jika 1 dari 10 mengklik artikel yang anda posting, maka blog anda akan mendapatkan tambahan 200 pengunjung perhari. Bukankah ini hasil yang cukup lumayan dari sebuah metode promosi blog yang sederhana?
2. Berpromosi blog di Twitter
Twitter juga sudah mulai menjadi andalan untuk mendapatkan kunjungan di blog. Jadi jangan lewatkan social network micro blogging yang satu ini.
  1. Tantangan terbesar dari Twitter adalah mendapatkan follower. Perlu anda perhatikan bahwa akun twitter yang cukup laku biasanya akun twitter yang menawarkan postingan bahasa motivasi, kata-kata keren dan gaul, atau info-info singkat yang hot. Jadi jika bisa buatlah akun twitter bertema seperti itu dan kelola seperti blog
  2. Ajaklah orang lain untuk saling follow dan follow back
  3. Jika anda cukup disiplin, maka biasanya dalam 6 bulan follower sudah akan cukup lumayan. Jika anda sudah mempunyai banyak follower, maka selain postingan tweet rutin, anda juga bisa sekali-kali menyisipkan tulisan artikel blog anda.
                                    3. Berpromosi di Forum
forumAda banyak forum di dunia maya. Jika blog anda adalah blog bertema khusus, maka anda bisa mencari forum dengan topik yang sejenis dan menawarkan artikel anda. Cara seperti ini hanya membawa sedikit pengunjung per topik, jadi anda harus aktif di banyak topik.

Tips khusus bagi blog yang menawarkan produk atau jasa tertentu:
Kalau blog anda hendak menawarkan produk tertentu, maka anda bisa masuk ke dalam forum dan memposting sebuah artikel tentang produk anda. Bahkan, jika anda mau anda bisa memasang banyak backlink ke halaman forum tersebut.


Memasang backlink ke halaman forum sebuah website yang sudah sangat berumur dan mempunyai PR tinggi bisa jadi jauh lebih mudah dan lebih aman daripada mencari backlink untuk blog anda yang masih seumur jagung. Bisa jadi halaman forum itu terindeks untuk peringkat yang lebih tinggi hanya dengan 100 link, sedangkan blog anda jauh di bawah walaupun linknya ada 300.

4. Promosikan Blog Dengan Blogwalking
Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog yang memasang chat box. Jika anda mengandalkan blogwalking, maka gunakanlah satu bulan pertama anda untuk mengoleksi alamat-alamat blog yang mempunyai chat box yang ramai. Bagaimana caranya mengetahui chat box blog itu ramai? Mudah saja, tinggal lihat tanggal komentar pada chat box tersebut. 

Kalau pada hari itu ada banyak komentar artinya blog itu ramai. Usahakan dalam sebulan anda mengantongi 100 chat box ramai. Jika masing-masing blog menyumbang 2-3 pengunjung ke blog anda, maka itu berarti tambahan 200-300 pengunjung.
5. Promosikan blog anda di jejaring social bookmark
Ada banyak sekali social bookmark saat ini. Perhatikan daftar di bawah ini  (yang local saja)
 Ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Buatlah akun pada masing-masing situs di atas jika diperlukan
  2. Buatlah artikel baru pada blog yang hendak dipromosikan
  3. Pastikan artikel baru anda sudah terindeks oleh Google. Caranya, masuk ke Google ketik site:url ( contoh: site:http://blogsaya.blogspot.com/2012/08/contoh-artikel.html ) lalu tekan enter untuk mencari apakah blog sudah terindeks.
  4. Jika artikel blog anda sudah terindeks, silahkan masuk satu per satu ke akun anda di situs social bookmark di atas dan posting artikel baru anda.
  5. Postingan anda pada situs-situs social bookmark di atas bisa jadi terindeks lebih baik dari pada blog anda. Jadi jika situs social bookmark ini mendapat pengunjung dari Google, mereka akan mengarahkannya ke blog anda. Apakah hanya itu? Masih ada lagi. Situs social bookmark ini juga ikut menyumbang backlink ke anda. Jadi sekali dayung dua pulau terlampaui.
Ini adalah tips-tips dasar yang bisa anda lakukan dalam melakukan promosi. Mudah-mudahan cara promosi blog di atas bisa membantu meningkatkan traffic ke blog anda dalam kurun waktu 1-6 bulan. Sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini sangat tergantung pada waktu luang, kerja keras, dan disiplin. Ok ... Sukses buat blog anda. 
Source article: trikmudahseo.blogspot.com


Artikel yang lainnya



2 komentar:

  1. tips nya sama dengan yang ada di sini ya: http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/08/bagaimana-cara-promosi-blog.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tepat sekali karena saya pembaca setia Trikmudah SEO, setelah saya terapkan triknya ternyata BERHASIL, terus saya ikut sharing barangkali ada rekan blogger yang mampir bisa baca,thank you commennya mas Bro!

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya di blog UMKM CIPATAT. Sudah baca artikelnya?, silahkan beri komentar dibawah. Dan berkomentarlah yang santun, No SARA atau Ejekan. Mohon untuk tidak melakukan spam yang tidak ada hubungannya dengan isi blog UMKM Cipatat. Jangan ragu untuk copy paste....kalau artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan berbagi dengan yang lain dan selalu ingat dengan UMKM Cipatat.......OK !