Kamis, 23 Mei 2013

Cara mendapatkan inspirasi



Cara mencari inspirasi
Inspirasi adalah sebuah kata yang memiliki makna yang luar biasa, karena dengan inspirasi orang bisa melakukan hal yang tak terduga sebelumnya, sesuai inspirasi yang didapatnya. Dengan inspirasi seseorang akan dengan mudah menemukan ide dan inovasi.Bagi sebagian orang mungkin kesulitan untuk menemukan sebuah inspirasi, tapi tidak untuk yang lainnya. Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mendapatkan inspirasi.
1.Tentukan tujuan
Tentukan tujuan Anda, apa yang mau dicapai. Langkah ini mungkin memakan waktu lama, dan anda harus sabar saat anda memikirkan sesuatu. Anda tidak akan bisa berpikir dengan benar jika anda cemas dan tergesa gesa. Cobalah untuk menjadi nyaman secara fisik dan emosional, sebanyak yang anda bisa agar tujuan anda tercapai dengan baik.

2.Membaca/Reading
Apakah bisa hanya dengan membaca? Mungkin...! Inspirasi bisa datang dari mana saja dan bisa datang dari buku karena semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita dapatkan maka semakin besar kita cepat mendapatkan inspirasi. Sekarang jaman sudah modrern, disamping buku anda juga bisa menggunakan internet sebagai bahan bacaan dalam menggali ilmu 
3.Sosialisasi
Sosialisasi adalah saat dimana kita melakukan interaksi dengan orang lain. Inspirasi bisa datang dari orang lain, ingat! Saya dan anda adalah makhluk sosial dan tidak bisa hidup sendirian. Tidak ada orang hebat yang bisa hidup sendirian. Anda dan saya tentu membutuhkan orang lain, karena hidup akan terasa nikmat, manakala kita saling berbagi (take and give) dan hal ini salah satu alasan datangnya sebuah inspirasi
4.Pengalaman/Experience
Pengalaman adalah kumpulan kejadian dan peristiwa yang sudah terjadi dan masih tersimpan erat di otak kita. Semakin banyak pengalaman pahit atau pengalaman manis yang anda alami dalam kehidupan , maka semakin banyak dan cepat inspirasi yang timbul. Misalnya banyak pengarang lagu yang membuat lagu terinspirasi dari pengalaman hidupnya dan biasanya lagu tersebut mewakili perasaan dan perjalanan hidup mereka sehari hari. Oleh karena itu perbanyaklah pengalaman dengan demikian kita dapat belajar dari pengalaman dan hal tersebut bisa kita jadikan sebuah inspirasi.


5.Lihat di sekitar anda, 
Lihatlah disekitar anda apakah anda melihat sesuatu yang menonjol atau yang menarik menurut anda. Cobalah untuk tidak mencari sesuatu yang susah dipikirkan. Kalau semua itu menyebabkan timbulnya emosi, apapun itu mungkin merupakan sumber inspirasi yang baik.

6.Targetkan tujuan
Targetkan sendiri tujuan yang akan anda jangkau. Pikirkan tentang apa yang dapat anda capai, datang dengan solusi yang masuk akal untuk mencapai tujuan ini, jangan mengejar inspirasi jika anda tidak suka. Dengan demikian anda akan mendapatkan inspirasi.
Semoga bermanfaat

Artikel yang lainnya