Jumat, 10 Mei 2013

bagaimana cara menerapkan search engine ke sebuah blog

bagaimana cara menerapkan  search engine ke sebuah blog
Hai Rekan Blogger…! Berjuma lagi dengan saya
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba bagikan, bagaimana cara menerapkan  search engine ke sebuah blog. Jika anda belum mulai ngeblog sampai saat ini, maka mungkin beberapa MANFAAT ngeblog berikut bisa mendorong anda untuk segera ngeblog OK !
Ayo kita lihat :


1. Membangun komunitas anda sendiri
Ya, ngeblog adalah sarana membangun komunitas, maksudnya apa komunitas? Yaitu orang-orang yang ada
dalam lingkup pengaruh anda, orang-orang yang sebidang dengan anda dan memandang anda
sebagai orang yang ahli dibidang tersebut dan mendengarkan, bahkan setia dengan apapun yang anda tulis.Dengan ngeblog anda akan menciptakan komunitas orang yang bisa anda pengaruhi, sehingga mereka akan membeli dari anda, mereka akan mendengarkan rekomendasi anda, dan membeli produk yang anda promosikan.

Jadi membangun komunitas sangat penting. Tujuan anda dan saya, adalah membangun banyak pengikut, orang yang percaya kepada kita dan itu bisa dilakukan dengan membangun sebuah blog. Orang akan datang membaca,dan kagum dengan kontent atau isi blog yang anda tulis. Mereka biasanya akan datang kembali secara berkala, terutama bila blog anda terus diupdate.

2. Sebagai sarana berkomunikasi dengan komunitas anda.
Jika anda sudah mempunyai pengunjung blog, sebagian dari mereka akan setia mendatangi blog anda, nah sebagian akan bertanya kepada anda, oleh karena itu anda membutuhkan website yang lebih interaktif, dimana anda bisa berkomunikasi dengan mereka.

Hubungan anda dengan mereka menjadi lebih hangat, dan mereka akan semakin senang dan akhirnya membeli dari anda. Beda dengan web html biasa, web penjualan biasanya tidak mempunyai interaksi sehebat blog. Web penjualan pengunjung tidak bisa meninggalkan komentar, dan tidak bisa memberikan komentar bagi pengunjung yang lain yang bertanya.

Dengan blog, setiap pengunjung bisa bersahut-sahutan mengomentari, bertanya, memuji, membantu menjelaskan, dan lain sebagainya. Dan komentar mereka pun menjadi tambahan content bagi blog anda memastikan blog anda mendapatkan tambahan update sesering anda mau.

3. Blog sangat disenangi oleh serch engine
Sehingga anda bisa mendapatkan sangat banyak kunjungan Sudah bukan rahasia lagi bahwa search engine seperti google dan yahoo sangat mencintai blog… dikarenakan blog sudah secara alami memang search engine friendly (ramah search engine). Tanpa banyak melakukan tweak pun anda bisa masuk di 10 besar dengan sebuah blog yang rajin di update.

Search engine, senang dengan website yang sering diupdate. Dulu ketika belum ada blog, website-website berbasis html yang statis, sangat tidak mudah mengupdatenya, karena setiap kali update, maka harus diupload ulang, namun dengan blog/mengupdate blog anda sama seperti menulis email saja mudahnya. Oleh karena itu, ada yang bisa mengupdate blognya setiap hari, ada yang dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali. 

Semakin banyak anda mengisikan kontent maka semakin search engine senang dan rajin berkunjung ke blog anda. Karena blog anda mempunyai banyak isi, dan setiap isinya juga bisa dioptimasi, maka blog anda akan mendapatkan banyak kunjungan. Yang pada gilirannya bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk anda sendiri atau produk orang lain.

4. Orang senang membaca blog
Yah, cobalah, jalan-jalan ke search engine, kemungkinan besar anda akan sering menemu-kan blog ada di urutan atas dari hasil pencarian. Kenapa? Karena ada banyak orang yang mengklik sebuah blog dari hasil pencarian di search engine.

Itulah kenapa google memberikan hadiah kepada blog tersebut dengan menjadi urutan atas di hasil pencarian. Orang bisa asyik membaca sebuah blog sampai berjam-jam, berbeda dengan website biasa. Karena blog mempunyai struktur content yang unik, yaitu yang paling baru ada di urutan teratas, dan terus kebawah, ke yang lebih lama. Orang juga bisa membaca arsip, jadi mereka bisa membongkar-bongkar blog anda. 

Nah dengan banyak membaca blog anda, mereka akan mengenal anda lebih baik dalam waktu yang singkat. Ya, saya mendapatkan banyak teman yang saya sendiri tidak tahu sebelumnya. Bahkan mereka mengenal saya dengan sangat BAIK. Kenapa? Karena mereka sudah membaca banyak artikel di blog saya jawabannya. 

5. Blog adalah alat pembangun kepercayaan dan kredibilitas
Kesulitan di bisnis online adalah karena begitu banyak ada penipuan dan orang yang tidak bertanggung jawab. Menjadikan orang tidak mudah percaya dan membeli dari siapapun Itu harus kita sadari sebelumnya.

Nah lalu apakah itu sebuah masalah? YA, tetapi tidak masalah bila anda rajin ngeblog. Karena orang yang datang ke blog anda, akan melihat berbagai artikel anda, dan bisa merasakan ketulusan anda. Mungkin kita bisa berbohong atau tidak tulus di sebuah artikel…namun tidak akan bisa disemua tulisan kita. Sehingga orang bisa menilai seberapa baik dan ahlikah kita membuat artikel di blog. Tidak terhitung banyaknya saya menghasilkan penjualan karena orang tersebut sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya. Blog memang sarana peningkat kredibilitas yang luar biasa.

6. Blog juga alat untuk mempromosikan produk orang lain yang AMPUH
Ya, selain mempromosikan mengenai diri sendiri dan produk anda sendiri, ngeblog dapat meledakkan penjualan produk reseller atau produk orang lain yang anda promosikan. Mudah sekali menjual  produk orang orang tertentu jika mereka sudah mengenal anda sebelumnya dan percaya bahwa apa yang anda rekomendasikan adalah produk berkualitas.
Orang hanya akan membeli kepada siapa mereka percaya, suka dan kenal. Ketika mereka senang datang ke blog anda, dan menganggap anda seorang AHLI, maka mudah sekali menjuali mereka produk yang anda promosikan.

Anda tinggal membuat sebuah kesaksian atau review mengenai produk tersebut, ceritakan kisah anda menggunakan produk tersebut dan jika anda tulus, banyak pengunjung blog yang akan turut membeli produk rekomendasi anda tersebut. Oleh karena itu, menjaga kepercayaan di bisnis online adalah sangat penting dan tidak ternilai harganya, kehilangan kepercayaan akan mengakibatkan mereka tidak mau membeli produk anda atau produk yang anda rekomendasikan. Nah blog bisa mempercepat mereka percaya terhadap diri, produk dan rekomendasi anda. Jadi blog adalah sarana promosi yang sangat HEBAT!
Silahkan jalan jalan di blog saya, semoga mendapatkan yang aneh aneh

Artikel yang lainnya