Selasa, 14 Mei 2013

Cara menjadi wirausahawan sukses


Strategi untuk menjadi wirausaha sukses
Cara menjadi wirausahawan sukses
Menjadi wirausahawan sukses adalah salah satu cara/tujuan seseorang untuk menjemput rezeki dan reputasi.Sayangnya masih sedikit sekali yang berminat menekuninya.Bekerja atau menjadi karyawan masih menjadi pilihan nomor satu.
Kenapa harus demikian? Salah satu penyebabnya ialah banyak yang beranggapan bahwa berwirausaha itu tidak mudah dan resikonya tinggi. Saya tidak bisa bisnis. Saya tidak punya modal. Ini adalah kalimat yang begitu akrab terdengar saat kita sedang
berbicara bisnis.
Mengapa menjadi wirausahawan sukses sepertinya sulit?
Jika kita bekerja, pekerjaan kita sehari-hari akan fokus sesuai dengan jabatan kita. contoh: jika Anda berada di departemen pemasaran, maka pekerjaan Anda fokus pada pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran. Berbeda dengan bisnis, semua pekerjaan harus kita tangani mulai dari pengadaan produk, pemasaran, keuangan, dan sebagainya. Sehingga bisnis terlihat begitu sulit. Ini adalah anggapan keliru.

Anggapan ini disebabkan oleh sebuah pemikiran bahwa semuanya harus dilakukan sendiri. Mari kita belajar kepada Henry Ford. Dia bukan ahli dalam pembuatan mobil. Tetapi dia mampu memproduksi mobil yang berkualitas dan dalam jumlah banyak. Wirausahawan sukses tidak mengerjakan semuanya sendiri, iya toh?. Baiklah, Kalau anda masih bingung, beberapa Cara menjadi wirausahawan sukses untuk anda:

  1.   Miliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis Anda. Meski modal itu penting dalam membangun sebuah usaha tapi bukan segalanya, tapi yang terpenting adalah bagaimana anda bisa memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola bisnis anda.  Dari mulai pengadaan barang, proses produksi, pemasaran sampai dengan masalah keuangan anda harus mengerti...........

      2.   Rancang sebuah sistem untuk menjalankan bisnis anda
Untuk hal ini, masih banyak yang asing. Padahal menurut Robert T. Kiyosaki, yang membedakan pebisnis (Kuadran B) dengan pedagang (kuadran S) adalah sistem. Jadi rancanglah sistem bagaimana menjalankan bisnis dengan benar dan bisnis bisa berjalan meski tanpa kehadiran Anda.

      3.   Temukan orang untuk menjalankan sistem anda
Jika sistem sudah Anda desain dengan baik, Anda akan tahu orang seperti apa, memiliki keterampilan apa, dan seberapa banyak agar sistem berjalan dengan baik sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

      4.   Pastikan agar sistem berjalan dengan baik.
Karena Anda adalah pemilik bisnis, maka Andalah yang bertanggung jawab terhadap jalan atau tidaknya sebuah sistem. Kemampuan Anda dalam memimpin orang-orang dalam bisnis Anda akan berperan besar disini. Jadi Anda tidak perlu bisa segalanya. Tidak perlu melakukan segalanya. Yang penting adalah anda memiliki ide, merancang sistem, merekrut orang, dan punya naluri kepemimpinan.Tidak bisa merancang sistem? Jangan khawatir, Anda pun bisa membayar orang untuk merancang dan mengerjakan sistem Anda. 

5.  let`s be ourselves. 
Mari jadi diri kita sendiri, jangan dibawah bayang bayang orang lain karena anda akan didikte, apalagi menjadi orang lain. Negara kita kaya, masih banyak potensi alam yang bisa digali untuk dijadikan modal. Sebagai ilustrasi saja, ketika negara diterpa krisis ekonomi, negara menggantungkan harapannya kepada IMF, maka saat itu pula IMF mengatur negara kita seolah olah ia hero, membantu memulihkan keadaan padahal memang IMF punya kepentingan pada kita.

Let`s be ourselves jangan dibawah bayang orang lain karena anda akan di dikte, apalagi menjadi orang lain karena anda akan kehilangan jati diri. Barangkali sampai disini dulu dan itulah artikel yang bisa saya sampaikan mengenai cara menjadi wirausahawan sukses, terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kesalahan.
Mudah mudahan bermanfaat

Artikel yang lainnya