Rabu, 15 Mei 2013

Cara mudah mendapatkan modal usaha


Cara mudah mendapatkan modal usaha
Cara mudah mendapatkan modal usaha Dalam membangun usaha, modal bukan segalanya walaupun modal bagian dari strukruk yang mendasar dalam membangun usaha. Berbagai macam upaya dilakukan orang untuk mendapatkan modal usaha, meskipun mungkin agak susah mencarinya tapi jangan lantas membuat kita jadi pesimis, sekarang tidak ada yang instant, tidak ada yang didapat dengan cara berpangku tangan semuanya harus dengan pejuangan. Dibawah ini beberapa cara mudah untuk
mendapatkan modal usaha, barangkali bermanfaat untuk anda:
1. Menabung
Ada banyak orang yangmerintis usahanya dari kecil, dan dengan modal yang kecil pula. Jika anda benar-benar tertarik berbisnis. Jadi tidak ada alasan untuk memulai berbisnis ketika anda belum memiliki modal besar. Namun ketika anda membutuhkan kriteria jumlah dana yang lebih besar untuk memulai sebuah bisnis, cara mendapatkan modal usaha dengan menabung sedikit memiliki kelemahan, yaitu waktu yang relatif lama. 

Berbeda jika anda sudah mulai menabung sejak tahun-tahun yang lalu, saat ini mungkin anda sudah mempunyai tabungan yang memang dipersiapkan untuk bisnis. Jika anda belum mempunyai tabungan, dan tidak memiliki cukup dana untuk memulai, jangan khawatir. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.


2. Gunakan Keahlian
Jika anda menyadari potensi yang ada dalam diri anda, hal itu akan sangat membantu untuk mendapatkan modal usaha. Anda punya keahlian menjual, mengapa tidak mencoba mencari sesuatu yang bisa anda jual? Menjualkan barang orang lain bisa menjadi jalan yang tepat. Banyak orang yang bisa menghasilkan produk bagus, tetapi tidak mempunyai kemampuan menjual yang baik. 

Ingat, bukan berarti kita mengesampingkan uang, sebagai modal. Namun kita mencoba belajar dari realita, bahwa banyak calon-calon pengusaha yang bahkan tidak sempat merasakan bangkrut karena tidak pernah mencoba. Coba lihatlah sekeliling anda. Apa yang bisa anda jual ke orang lain tanpa memerlukan modal?

Apalagi dalam dunia internet sekarang ini, banyak peluang yang bisa anda manfaatkan dengan menjual diri anda. Anda bisa menjual produk,ide dan keahlian yang berada di sekeliling anda melalui internet. Tentu orang akan menerima dengan senang hati, ketika ada yang ingin menjualkan produknya. Lalu jika anda tidak mempunyai kemampuan menjual? Bukan masalah, apapun kemampuan yang anda miliki bisa anda jual jika anda mau berfikir keras dan tetap berupaya.

3. Proposal
Mengajukan proposal usaha pada pihak-pihak yang memiliki dana, misalnya saja kepada Instansi pemerintah yang menyelenggarakan program kemitraan dengan UMKM, ada yang namanya DEPINDAG, BUMN atau memanfaatkan program pemerintah seperti program PMPN, BANSOS, Dana bergulir atau bisa datang kepada konglemerat/pengusaha. Kini faktor modal tak lagi menjadi hambatan. Dan semua orang bisa mulai menjadi pengusaha. kalau anada tidak bisa bikin proposalnya, nih saya sediakan gratis!!!!

4.  Kerjasama bagi hasil
Cari saudara, teman atau siapa saja yang punya uang lebih mungkin bisa diajak kerjasama, ajaklah mereka bicara atau bila perlu dengan menunjukan bisnis plan yang sudah anda rancang, rayulah mereka agar tertarik dengan rencana usaha anda

Adsense Indonesia
5.Menjual aset
Jika anda masih punya barang/asset atau warisan dari orang tua mungkin, tapi tidak akan mengganggu bagi kelangsungan hidup anda, tidak apa dijual untuk dijadikan modal usaha yang penting apa yang mau anda lakukan sudah menjadi keputusan yang bijak artinya sudah dipertimbangkan resikonya. Percayalah, jangan pernah menyerah....,perubahan pasti datang. Bersambun
Semoga bermanfaat

Artikel yang lainnya